Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupat Tahu Petis yang Dicicip Jokowi, Hidangan Bandung yang Cukup Populer

Kompas.com - 04/12/2017, 22:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meresmikan Jalan Tol Soreang - Pasir Koja, Senin (4/12/2017), Presiden RI Jokowi menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner Bandung. Salah satunya adalah tahu petis.

Berbeda dengan tahu petis yang banyak terdapat di Semarang, di Bandung tahu petis menjadi varian dari kupat tahu. Kupat tahu pada dasarnya merupakan hidangan khas Jawa Barat.

Petis sendiri merupakan semacam pasta yang terbuat dari olahan udang, berbahan dasar hampir sama dengan terasi. Namun petis bercita rasa lebih manis dan gurih.

Sepiring kupat tahu petis khas Bandung terdiri dari ketupat atau lontong dengan potongan tahu, timun, dan tentunya saus petis. Tahu hangat dipotong menyamping, dipadukan dengan potongan ketupat. Lalu diguyur kuah petis yang cokelat kehitaman juga kental.

Baca juga : 5 Mie Kocok Legendaris di Bandung

Warna hitam bumbu kupatnya bukan karena kecap, tetapi merupakan warna asli petis tersebut. Terakhir, barulah kupat tahu petis diberi potongan timun segar dan bawang merah goreng.

Kuah kupat tahu yang menggugah selera ini juga menggunakan kacang giling. Sehingga  pembuatannya sama dengan bumbu kupat tahu biasa, namun ditambahkan petis. 

Uniknya, di tengah beragam kuliner Bandung yang pedas, kupat tahu petis ini bertahan dengan rasa manis gurihnya. Jika Anda tidak memesan pedas, maka rasa aslinya akan manis dan gurih.

Meski begitu hidangan ini cukup banyak penggemarnya. Banyak tempat wisata kuliner di Bandung untuk mencicipi makanan satu ini. Antara lain kupat tahu petis Antapani, kupat tahu petis Cendana, juga kupat tahu petis Jalan Lengkong Kecil, Bandung. Satu porsi hidangan tradisional kupat tahu petis bandung ini dijual mulai Rp 10.000.

 ********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com