Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa di Dalam Pesawat Begitu Dingin?

Kompas.com - Diperbarui 03/08/2021, 19:36 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Apakah kamu selalu merasa kedinginan saat naik pesawat? Suhu di dalam pesawat sengaja dibuat dingin yaitu di kisaran 22 hingga 24 derajat Celsius.

Namun titik ekstrem suhu terendah bisa mencapai 18 derajat dan tertinggi pada 27 derajat Celsius. Sebenarnya, kisaran suhu ini sama dengan lingkungan kantor pada umumnya.  

Baca juga: Bolehkah Menelepon di Pesawat?

Kisaran suhu ini terkesan biasa saja, sebab sama saja dengan suhu di lingkungan kantor maupun di rumah atau kamar berpendingin ruangan.

Namun perlu diingat, penumpang pesawat jarang bergerak selama penerbangan sehingga tubuh hanya sedikit menghasilkan panas. Hal ini pun membuat tubuh jadi terasa dingin.

Jaga kenyamanan

Mengapa suhu di dalam pesawat harus dingin? Seperti dikutip dari Telegraph.co.uk, hal ini untuk menjaga kenyamanan di dalam kabin pesawat.

Dalam sebuah laporan dari Airbus yang ditugaskan oleh House of Lords (Majelis Tinggi Inggris Raya), dijelaskan bahwa pada kabin pesawat yang kursinya penuh terisi, panas tubuh yang dihasilkan penumpang begitu banyak.

Baca juga : Tips Memilih Makanan di Pesawat

Udara masuk yang dibutuhkan harus berada pada suhu persis atau di bawah kebutuhan suhu kabin. Suhu tiap kursi memang tidak bisa diatur berbeda-beda tetapi awak kabin pesawat bisa mengatur suhu kabin berdasarkan zona.

Sementara itu Boeing, saingan Airbus, menuturkan kepada komite House of Lords bahwa awak kabin biasanya mengubah suhu sebagai respon dari keluhan para penumpang saat itu.

Baca juga: Begini Cara Aman Pilih Kursi Pesawat Selama Pandemi

Namun, penumpang yang biasanya hanya duduk saja dibanding awak kabin yang terus bergerak, menghasilkan persepsi suhu nyaman yang berbeda.

Laporan tersebut juga menyebutkan ada beberapa keluhan dari penumpang yang menuduh awak kabin sengaja menurunkan suhu agar penumpang tidur setelah makan.

ILUSTRASI - Penumpang pesawat memakai masker dan menggunakan hand sanitizer Shutterstock ILUSTRASI - Penumpang pesawat memakai masker dan menggunakan hand sanitizer

Terasa lebih dingin saat sudah di udara

Namun biasanya, suhu kabin saat pesawat sudah terbang di udara memang terasa lebih dingin dibandingkan sebelum lepas landas.

Hal ini dikarenakan unit pendingin udara di pesawat kerap kali dimatikan untuk menghemat bensin sebelum pesawat lepas landas. Panas tubuh penumpang dengan cepat membuat suhu kabin meningkat.

Baca juga: 13 Hal yang Perlu Diketahui Soal Turbulensi Pesawat

Bisa lebih mudah pingsan

Halaman:
Baca tentang
Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com