Pantai di Balikpapan Ini Dilengkapi Arena BMX, Skateboard, dan Basket

Kompas.com - 10/12/2017, 22:04 WIB
Pantai Manggar, kawasan wisata andalan Kota Balikpapan, Kaltim, kini dilengkapi fasilitas untuk komunitas hobbies freestyle, berupa lintasan BMX, skateboard, dan lapangan basket.  KOMPAS.COM/DANI JPantai Manggar, kawasan wisata andalan Kota Balikpapan, Kaltim, kini dilengkapi fasilitas untuk komunitas hobbies freestyle, berupa lintasan BMX, skateboard, dan lapangan basket.
|
EditorI Made Asdhiana

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pantai wisata Segara Sari di Balikpapan, Kalimantan Timur, kini dilengkapi arena untuk anak muda berkreasi dan berekspresi. Berada di atas lahan 500 meter persegi, cukup dekat dari bibir pantai, dibangun lintasan penuh tantangan bagi penggemar BMX freestyle, lalu kubah dan cekungan-cekungan untuk pehobi skateboard.

Di sisi yang lain juga terdapat separuh lapangan basket dengan satu ring untuk pecinta street basket. Arena itu juga dilengkapi tempat nongkrong sekaligus rehat.

Pemerintah Kota Balikpapan bekerja sama dengan Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Indonesia membangun kawasan itu dan meresmikannya Sabtu (9/12/2017).

"Semoga masyarakat dan kawula muda dapat menjaga fasilitas ini dengan baik agar tidak terjadi kerusakan," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporapar), Balikpapan, Oemy Facesly. 

(Baca juga : Tiba di Balikpapan Disambut Kepiting Lada Hitam, Wow...)

VP Sales and Marketing Area Pamasuka, Herry Setiawan mengungkapkan, semua diawali masukan berbagai komunitas hobi dan anak muda dari berbagai kota lewat sebuah program #HYPBarengLOOP yang berjalan sejak April 2017.

Muncullah berbagai harapan komunitas hobi dan anak muda untuk memiliki kawasan berekspresi. Tak lama kemudian, dibangunlah arena  dan dinamai LOOP Arena.

(Baca juga : Berburu Jajanan di Pusat Kuliner Tertua di Balikpapan)

Tidak hanya Balikpapan, tetapi juga di 9 kota lain, seperti: Medan, Pekanbaru, Lampung, Serang, Bogor, Cirebon, Semarang, Malang, Manado. Masing-masing memilih lokasinya sesuai kebutuhan komunitas dan anak muda setempat. “Mudah-mudahan LOOP Arena bisa sesuai dengan harapan mereka,” kata Herry.

Pemkot Balikpapan, menurut Oemy, mengharapkan wadah untuk menyalurkan hobi ini bisa bermanfaat jadi bagian untuk semakin mempromosikan wisata di Balikpapan. “Ini bisa dimanfaatkan untuk banyak kegiatan,” kata Oemy.

Segara Sari merupakan pantai rekreasi andalan Balikpapan. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Manggar, karena berada di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur. Jaraknya sekitar 9,5 Km dari Bandara Internasional Sepinggan atau sekitar 20 Km dari pusat kota.

Luas pantai sekitar 13.000 meter persegi, berpasir putih, bibir pantainya sangat panjang, dengan ombak yang cukup tenang.  Pantai juga terasa teduh karena ditumbuhi pohon pinus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X