Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Spot Instagramable Unik di Hotel Seni Garapan Seniman Yogyakarta

Kompas.com - 11/12/2017, 11:40 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hotel baru yang cukup unik hadir di Yogyakarta. Hotel tersebut berkolaborasi dengan beberapa seniman lokal untuk menciptakan berbagai karya di setiap lantai, termasuk kamar tamu.

Mulai dari seni lukis, kolase, kriya, instalasi, hingga art print atau stiker. Semua itu tersaji di berbagai sudut hotel, dengan satu tema besar, cerita rakyat atau folklore yang berkembang di Yogyakarta.

Uniknya setiap lantai digarap oleh seniman yang berbeda, aliran seni yang berbeda, dan dengan folklore yang berbeda. Tamu dan wisatawan dapat menikmati salah satunya dengan berselfie ria, di depan karya-karya tersebut.

(Baca juga : Unik, Hotel Ini Gunakan Perosotan untuk Tamu Turun ke Lantai Bawah)

Hal tersebut bisa Anda temukan di Artotel Yogyakarta, yang beralamat di Jalan Kaliurang KM 5.6 no 14, Caturtunggal Sleman, DI Yogyakarta.

Berikut keunikan 7 spot foto instagramable yang KompasTravel temukan saat berkunjung ke hotel tersebut.

Roca resto, di Artotel Yogyakarta, yang di desai dengan karya instalasi dari beberapa senima Yogyakarta.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Roca resto, di Artotel Yogyakarta, yang di desai dengan karya instalasi dari beberapa senima Yogyakarta.

1. Roca Resto

Restoran di hotel ini memiliki salah satu dinding dengan karya seni instalasi yang menarik. Di dinding tersebut menceritakan kesuburan tanah Yogyakarta, terutama daerah-daerah pegunungannya yang kaya sumber alam.

Peresmian Artotel Yogyakarta, oleh Pangeran Haryo Wironegoro, Rabu (6/12/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Peresmian Artotel Yogyakarta, oleh Pangeran Haryo Wironegoro, Rabu (6/12/2017).

2. Art Space Gallery

Salah satu bagian lantai dasar ini tentunya menyajikan ragam karya seni yang menarik untuk jadi latar foto. Ragam karyanya mulai dari lukisan, foto, komik, dan instalasi. 

Ragam karya di sini akan berubah tiap tiga sampai enam bulan sekali, tergantung para seniman yang mau memamerkan karyanya di sini.

Dekorasi mural di Artotel Yogyakarta, karya Fathoni, seorang seniman dengan gaya monokrom. Ia menuangkan kisah Roro Djonggrang, dengan sentuhan monokrom, di lantai sembilan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Dekorasi mural di Artotel Yogyakarta, karya Fathoni, seorang seniman dengan gaya monokrom. Ia menuangkan kisah Roro Djonggrang, dengan sentuhan monokrom, di lantai sembilan.

3. Lantai Sembilan

Mulai dari lantai sembilan yang digarap Fathoni, seorang seniman dengan gaya monokrom melukiskan kisah Roro Djonggrang.

Dekorasi mural di Artotel Yogyakarta, karya Soni Irawan dengan keahlian lukisan dan mural street art. Ia melukiskan kisah penciptaan Aksara Jawa oleh Aji Saka, di lantai delapan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Dekorasi mural di Artotel Yogyakarta, karya Soni Irawan dengan keahlian lukisan dan mural street art. Ia melukiskan kisah penciptaan Aksara Jawa oleh Aji Saka, di lantai delapan.

4. Lantai delapan

Lalu lantai delapan, oleh Soni Irawan dengan keahlian lukisan dan mural street art, ia melukiskan kisah penciptaan Aksara Jawa oleh Aji Saka.

Dekorasi mural di Artotel Yogyakarta, karya Apri Kusbiantoro. Ia menuangkan kisah Punakawan dengan sentuhan kartun, di lantai tujuh. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Dekorasi mural di Artotel Yogyakarta, karya Apri Kusbiantoro. Ia menuangkan kisah Punakawan dengan sentuhan kartun, di lantai tujuh.

5. Lantai tujuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com