Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar Jual Paket Wisata "Wonderful Indonesia" Lewat VIWI 2018

Kompas.com - 12/12/2017, 20:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah melucurkan branding Wonderful Indonesia sejak 2014, Kementerian Pariwisata bersama industri pariwisata lainnya segera melakukan penjualan produk pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkenalkan Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018 yang menjadi strategi penjualan paket-paket wisata menarik dari 18 destinasi unggulan di Indonesia.

Ketua VIWI 2018, Haryadi Sukamdani mengatakan program VIWI merupakan program konversi dari branding menjadi selling atau penjualan produk wisata.

“Dari tahun 2014 hingga tahun 2017 pemerintah telah mengeluarkan anggaran cukup banyak dana untuk promosi. Pencapaian secara branding sangat luar biasa dibandingkan dengan program negara lain. Dalam program VIWI, melibatkan Kementerian Pariwisata dan jaringannya dengan konversi bersama 16 asosiasi,” kata Haryadi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata IV-2017, di The Kasablanka, Jakarta, Selasa (12/11/2017).

Baca juga : Wonderful Indonesia Unjuk Keindahan di WTM London 2017

Ada 16 asosiasi yang termasuk di dalamnya yakni PHRI, ASITA, APPBI, HIPPINDO, KADIN, ARKI, BARINDO, ASPERAPI, INACA, GAHAWISRI, ORGANDA, PUTRI, ASTINDO, INACEB, APINDO, dan GIPI.

Arief menjelaskan program VIWI 2018 bertujuan untuk membantu pemerintah dapat mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2018 sebanyak 17 juta orang dan 20 juta wisman pada tahun 2020.

“Target dari VIWI 2018 itu 15 persen dari target Kemenpar 17 juta wisman, berarti sekitar 2,5 juta wisman,” kata dia.

Haryadi mengatakan ada 18 pilihan destinasi unggulan dalam paket pariwisata yang ditawarkan. Antara lain Medan atau Danau Toba, Batam, Belitung, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta atau Borobudur, Solo, Surabaya-Bromo-Tengger, Banyuwangi, Balikpapan, Bali, Lombok, Makassar atau Wakatobi, Manado, dan Raja Ampat.

“Destinasi yang kita pilih itu dianggap sudah mencakup 3A, accessibility, amenities, dan attraction,” kata Haryadi.

Baca juga : Wonderful Indonesia Tebar Pesona di ITB Asia 2017

Wilayah-wilayah tersebut nantinya akan ditawarkan dengan paket menarik, dengan target wisman yang dominan datang ke Indonesia. Ada delapan daerah penghasil wisman terbanyak yakni Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, Korea, Australia, Eropa, Timur Tengah-Arab, dan Asia Selatan (India, Srilanka).

Sementara itu, penjualan paket wisata yang ditawarkan dari program VIWI 2018 akan muncul melalui channel pada laman Indonesia.travel. Nantinya, kata dia, akan dimunculkan link-link asosiasi yang menjual paket pariwisata.

Paket yang ditawarkan pun terbagi atas dua kategori yakni Business to Business yang dijual oleh travel agent, atau untuk individual. Harga yang ditawarkan pun beragam, tergantung destinasi yang dipilih wisatawan.

Haryadi pun berharap adanya program VIWI 2018 dapat menjadi daya tarik yang kuat untuk wisman yang akan berkunjung ke Indonesia.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com