Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 18 Destinasi Unggulan Indonesia yang Siap Dijual Tahun Depan

Kompas.com - 13/12/2017, 08:03 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tahun ini Kementerian Pariwisata menetapkan 10 destinasi prioritas, tahun depan akan ada 18 destinasi di Nusantara yang siap dijual di ranah mancanegara.

Belasan destinasi tersebut tersebar di beberapa wilayah, yaitu Medan (Danau Toba), Batam, Belitung, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta (Borobudur), Solo, Surabaya (Bromo-Tengger), dan Banyuwangi.

Ada pula Balikpapan, Bali, Lombok, Makassar, Manado, dan tentunya Raja Ampat.

Baca juga : Ini Strategi Kemenpar Tuntaskan Target Kunjungan 17 Wisman Tahun 2018

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata ke IV 2017, di The Kasablanka, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

"Sebanyak 18 destinasi prioritas itu nanti fokus kita jual oleh VIWI (Visit Indonesia Wonderful Indonesia) ke delapan pasar internasional yang potensial," ujarnya.

Penentuan 18 destinasi tersebut, menurut Arief, merupakan hasil koordinasi dengan para stakeholder VIWI 2018. VIWI sendiri merupakan konversi branding Wonderful Indonesia dari menjadi selling alias penjualan paket wisata.

VIWI menggabungkan 16 asosiasi pariwisata untuk memasarkan paket-paket wisata, terutama dari 18 destinasi tersebut. Ketua VIWI 2018, Haryadi Sukamdani, mengatakan 18 destinasi tersebut dipilih berdasarkan kelayakan unsur 3A yaitu Atraksi, Amenitas, dan Akomodasi.

"Selain itu (destinasi) yang favorit juga di kalangan wisman. Lalu kita saring juga dari kapasitas seat pesawat, yang bisa banyak nampung wisatawan," tutur Haryadi.

Baca juga : Wonderful Indonesia Unjuk Keindahan di WTM London 2017

Menurutnya, kapasitas kursi pesawat ke sebuah destinasi sangat menentukan ramainya kunjungan. Karena berdasarkan data Kementerian Pariwisata, wisman yang datang ke Indonesia 90 persen dari penerbangan. Kecuali Kepulauan Riau.

Sebelumnya, Kemenpar menetapkan 10 destinasi prioritas yang disebut sebagai "Bali Baru". Mencakup Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

Sementara itu pada 2018, sebanyak 18 destinasi tersebut akan dijual dengan paket wisata. Ada delapan target pasar dominan yaitu Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, Korea, Australia, Eropa, Timur Tengah-Arab, dan Asia Selatan (India, Srilanka).

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com