Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun? Coba Main ke Kampung Hobbit Lembang

Kompas.com - 16/12/2017, 22:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir tahun, tak ada salahnya menengok Kampung Hobbit atau Hobbiton di Farmhouse Lembang, Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, Hobbiton memang didesain semirip mungkin menyerupai rumah dan perkampungan ala film The Hobbit, trilogi Lord of The Ring.

Hobbiton di bangun di area lahan sekitar satu hektar. Dari luar, rentetan rumah mini berbahan utama kayu berlantai dua kian mengusik rasa penasaran untuk masuk.

(Baca juga : Long Weekend, Wisatawan Serbu Farmhouse di Lembang)

Di lantai pertama pengunjung akan disambut foto dan lukisan para pemeran The Hobbit. Tak ingin main-main dengan konsep rumah Hobbit, pengelola juga memajang ragam pernak-pernik yang mirip di film The Hobbit.

Ada pula tempat tidur, kamar mandi, dan meja makan serba mini kaum Hobbit yang merupakan bangsa kerdil dalam karya fiksi Tolkien. Di bagian atas, pengelola menyediakan spot swafoto dengan panorama khas kawasan Bandung Utara.

Para pengunjung saat berfoto di Hobbiton Farmhouse, Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Para pengunjung saat berfoto di Hobbiton Farmhouse, Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).

Elen Tristianto, Pemilik Farmhouse, mengatakan, ide pembuatan Hobbiton tak lepas dari banyaknya permintaan pengunjung yang ingin lebih jauh merasakan berada di dunia fiksi karya Tolkien. Rumah Hobbit sendiri pernah mendadak viral di dunia maya.

"Ide awalnya kan kita sudah membuat rumah Hobbit tapi hanya pintunya saja dan itu viral. Banyak yang nanya, kok hanya pintunya saja, akhirnya kita bikin Hobbiton," ucap Elen, saat ditemui KompasTravel, Jumat (15/12/2017) kemarin.

(Baca juga : Penggemar Selfie, Inilah Spot Foto Terbaik di Farm House Lembang)

Demi menciptakan area Hobbiton, Elen rela membongkar area rumah truk (Truck & co). Pengerjaan pun memakan waktu selama empat bulan.

"Pernak-perniknya itu koleksi pribadi, yang menyerupai banget. Saya sampai nonton film itu agar bisa membuat semirip mungkin," ujar Elen.

Salah satu spot foto sekaligus toko suvenir di Farmhouse LembangKompas.com/Sri Anindiati Nursastri Salah satu spot foto sekaligus toko suvenir di Farmhouse Lembang

Sejak dibuka pekan lalu, Hobbiton langsung dibanjiri pengunjung, tak terkecuali wisatawan mancanegara.

"Kita memang persiapkan untuk menyambut libur Natal dan tahun baru. Mudah-mudahan bisa membawa kesan baik buat pengunjung," jelasnya.

(Baca juga : Inilah 5 Destinasi Wisata Keluarga di Sekitar Lembang Bandung Barat)

Cindi Melani (25), pengunjung asal Medan mengaku cukup puas dengan konsep Hobbiton. Menurutnya, Hibbiton menyajikan pengalaman unik lantaran bisa merasakan langsung menjadi kaum Hobbit.

"Tempatnya bagus sih seperti di film. Sepengetahuan saya, baru kali ini ada wisata seperti ini," ucapnya.

Foto para pemeran The Hobbit terpajang untuk menambah lekat tema kampung Hobbit di objek wisata Hobbiton Farmhouse Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Foto para pemeran The Hobbit terpajang untuk menambah lekat tema kampung Hobbit di objek wisata Hobbiton Farmhouse Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).

Pengunjung lain, Debi Mentari (24), juga mendapat pengalaman serupa. Salah satu spot yang paling menyita perhatiannya adalah kamar mandi mini yang sangat mirip di film The Hobbit.

"Tempatnya menarik, saya nemuin banyak hal unik. Tapi sayang cuacanya agak mendung," katanya.

(Baca juga : Sedang Tren di Bandung, Wisata Foto Berlatar Tebing Lembang)

Siti Rohani (45), wisatawan asal Tanggerang, menilai Hobbiton akan lebih indah jika taman bunga berwarna-warni tumbuh bermekaran. Namun, ia pun memaklumi lantaran tempat tersebut baru saja dibuka.

"Kesannya bagus, saya yakin akan lebih bagus karena ini kan baru. Tanamannya akan lebih indah kalau sudah mekar. Spot favorit saya yang outdoor itu indah banget," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com