Kompas.com - 16/12/2017, 22:00 WIB
Sejumlah pengunjung saat mengabaidkan gambar di objek wisata Hobbiton Farmhouse Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANISejumlah pengunjung saat mengabaidkan gambar di objek wisata Hobbiton Farmhouse Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).
|
EditorWahyu Adityo Prodjo


BANDUNG, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir tahun, tak ada salahnya menengok Kampung Hobbit atau Hobbiton di Farmhouse Lembang, Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, Hobbiton memang didesain semirip mungkin menyerupai rumah dan perkampungan ala film The Hobbit, trilogi Lord of The Ring.

Hobbiton di bangun di area lahan sekitar satu hektar. Dari luar, rentetan rumah mini berbahan utama kayu berlantai dua kian mengusik rasa penasaran untuk masuk.

(Baca juga : Long Weekend, Wisatawan Serbu Farmhouse di Lembang)

Di lantai pertama pengunjung akan disambut foto dan lukisan para pemeran The Hobbit. Tak ingin main-main dengan konsep rumah Hobbit, pengelola juga memajang ragam pernak-pernik yang mirip di film The Hobbit.

Ada pula tempat tidur, kamar mandi, dan meja makan serba mini kaum Hobbit yang merupakan bangsa kerdil dalam karya fiksi Tolkien. Di bagian atas, pengelola menyediakan spot swafoto dengan panorama khas kawasan Bandung Utara.

Para pengunjung saat berfoto di Hobbiton Farmhouse, Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Para pengunjung saat berfoto di Hobbiton Farmhouse, Lembang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).

Elen Tristianto, Pemilik Farmhouse, mengatakan, ide pembuatan Hobbiton tak lepas dari banyaknya permintaan pengunjung yang ingin lebih jauh merasakan berada di dunia fiksi karya Tolkien. Rumah Hobbit sendiri pernah mendadak viral di dunia maya.

"Ide awalnya kan kita sudah membuat rumah Hobbit tapi hanya pintunya saja dan itu viral. Banyak yang nanya, kok hanya pintunya saja, akhirnya kita bikin Hobbiton," ucap Elen, saat ditemui KompasTravel, Jumat (15/12/2017) kemarin.

(Baca juga : Penggemar Selfie, Inilah Spot Foto Terbaik di Farm House Lembang)

Demi menciptakan area Hobbiton, Elen rela membongkar area rumah truk (Truck & co). Pengerjaan pun memakan waktu selama empat bulan.

"Pernak-perniknya itu koleksi pribadi, yang menyerupai banget. Saya sampai nonton film itu agar bisa membuat semirip mungkin," ujar Elen.

Salah satu spot foto sekaligus toko suvenir di Farmhouse LembangKompas.com/Sri Anindiati Nursastri Salah satu spot foto sekaligus toko suvenir di Farmhouse Lembang

Sejak dibuka pekan lalu, Hobbiton langsung dibanjiri pengunjung, tak terkecuali wisatawan mancanegara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X