5 Hal Ini Yang Mesti Anda Tahu Sebelum Liburan ke Dubai

Kompas.com - 18/12/2017, 19:00 WIB
Pemandangan dari lantai 125 Gedung Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirates Arab, Kamis (27/10/2017). Burj Khalifa memiliki tinggi 868 meter atau 2.717 meter di atas permukaan laut. Tinggi Burj Khalifa sendiri dua kali lipat Menara Eiffel, Paris dan lebih tinggi dari Gunung Bromo bila diukur dari permukaan laut.acKOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pemandangan dari lantai 125 Gedung Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirates Arab, Kamis (27/10/2017). Burj Khalifa memiliki tinggi 868 meter atau 2.717 meter di atas permukaan laut. Tinggi Burj Khalifa sendiri dua kali lipat Menara Eiffel, Paris dan lebih tinggi dari Gunung Bromo bila diukur dari permukaan laut.ac

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur akhir tahun, Dubai bisa jadi destinasi wisata pilihan. Beragam kegiatan bisa dilakukan di Dubai mulai dari city tour hingga berkeliling gurun pasir.

Jika Anda ingin berkunjung ke Dubai pada akhir tahun menjelang awal tahun 2018, sebaiknya simak beberapa tips liburan di Dubai.

Berikut tips yang bisa diperhatikan bila Anda ingin berlibur ke Dubai seperti saran dari Dubai Tourism dalam siaran pers yang diterima KompasTravel.

Wisatawan sedang naik unta di kawasan gurun pasir di Dubai, Uni Emirate Arab, Selasa (31/10/2017). Menjelajah gurun pasir adalah salah satu atraksi wisata yang bisa dilakukan saat berlibur ke Dubai.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan sedang naik unta di kawasan gurun pasir di Dubai, Uni Emirate Arab, Selasa (31/10/2017). Menjelajah gurun pasir adalah salah satu atraksi wisata yang bisa dilakukan saat berlibur ke Dubai.

1. Cari waktu yang tepat untuk berkunjung dan siapkan akomodasi

Bulan Oktober hingga April merupakan musimnya liburan di Dubai, juga menjadi waktu terbaik untuk wisata di sana. Cuaca bulan tersebut cenderung lebih sejuk. Tidak hanya wisata di luar ruangan, tetapi Anda juga bisa memilih wisata di dalam ruangan.

Sebelum berwisata, sebaiknya atur jadwal perjalanan agar dapat menyesuaikan bujet yang dimiliki. Umumnya, maskapai penerbangan internasional menjual tarif lebih rendah sekitar enam bulan sebelum keberangkatan.

Selain itu juga, jangan lupa ajukan visa. Biasanya visa berlaku 30 hari sejak tanggal penerbitan dan penumpang dapat mengajukan permohonan visa paling lama 30 hari sebelum tanggal perjalanan.

Wisatawan tengah memotret rumah Tradisional masyarakat Semanjung Arab yang menjadi koleksi Dubai Museum di Dubai, Uni Emirat Arab. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan tengah memotret rumah Tradisional masyarakat Semanjung Arab yang menjadi koleksi Dubai Museum di Dubai, Uni Emirat Arab.

2. Berpakaian sepantasnya

Ketika Anda wisata ke Dubai, sebaiknya dapat menghargai budaya dan cara hidup masyarakat setempat.

Para turis wanita harus memahami bahwa masyarakat setempat sangat berpegang teguh terhadap ajaran tradisi lokal yang cukup kuat. Salah satunya tetap berpakaian sepantasnya dan bersikap sopan.

Pemakaian baju berenang pun dapat dikenakan saat di kolam renang atau pantai.

Wisatawan berfoto di depan Dubai Museum, Dubai.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berfoto di depan Dubai Museum, Dubai.

3. Tetap menyapa dan hormati penduduk setempat

Kesopanan serta keramahan merupakan budaya yang wajib diamalkan di negara-negara Arab. Penduduk lokal biasanya akan sangat terbuka dengan wisatawan.

Namun, jangan berinisiatif terlebih dahulu untuk berjabat tangan dengan lawan jenis. Biasanya, terutama wanita memilih untuk tidak berjabat tangan karena alasan agama.

Penjual aksesoris di Old Souk, DubaiKOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Penjual aksesoris di Old Souk, Dubai

4. Jangan lupa izin jika ingin abadikan warga setempat

Jangan pernah mengambil foto seorang wanita Muslim tanpa meminta izin terlebih dahulu. Jika Anda melakukannya tanpa izin, maka bisa membuat warga setempat merasa tidak nyaman, terkecuali Anda berada di lokasi yang ramai dengan turis.

5. Soal konsumsi alkohol di Dubai

Di Dubai, alkohol merupakan komoditas yang legal, tetapi tidak dapat dibeli dari toko tanpa lisensi khusus. Anda dapat menemukanya umumnya di hotel, kafe, klab, dan restoran. Nah, jadi pastikan Anda memilih akomodasi yang tepat jika menginginkan suasana malam yang menyenangkan di Dubai.



EditorWahyu Adityo Prodjo


Close Ads X