Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Sushi Khas Grobogan, Mau Tahu Isinya?

Kompas.com - 20/12/2017, 06:10 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Jika mendengar makanan yang khas Jepang pasti salah satu makanan yang terlintas di benak Anda adalah sushi.

Sushi merupakan nasi dengan isian berupa sayur dan daging ikan yang dibungkus dengan rumput laut kering atau nori.

Namun berbeda dengan sushi seger alias sushi sego pager yang satu ini. Sego pager adalah makanan khas Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Baca juga : Mulai Rp 11.000, Inikah Sushi Termurah di Kawasan Senopati?

Di tangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang angkatan 2015 sushi asal Jepang menjadi sushi seger alias sushi sego pager dari Desa Godhong, Grobogan, Jateng.

Sushi Seger atau Sushi Sego Pager dari Desa Godhong, Grobogan, Jawa Tengah. TRIBUN JATENG/LITA FEBRIANI Sushi Seger atau Sushi Sego Pager dari Desa Godhong, Grobogan, Jawa Tengah.
Sushi seger berisikan daun pepaya yang direbus kemudian diberi taburan uyah goreng, kecambah dan telur dadar.

Uyah goreng di sini adalah kelapa yang dimasak dengan gula jawa atau kerap akrab disebut serundeng.

Baca juga : Doyan Makan Sushi? Kenali Ragam Jenis Sushi

Alief Nungki Wicaksono, mahasiswa Ilmu Komunikas Universitas Semarang, si pembuat inovasi ini mengatakan dirinya mendapat ide untuk membuat sushi namun dengan selera Indonesia. Maka jadilah sushi seger.

Isian Sushi Seger atau Sushi Sego Pager dari Desa Godhong, Grobogan, Jawa Tengah.TRIBUN JATENG/LITA FEBRIANI Isian Sushi Seger atau Sushi Sego Pager dari Desa Godhong, Grobogan, Jawa Tengah.
Rencana setelah sushi seger (sushi sego pager) ditampilkan dalam acara Festival Komukino 2017 di Gedung Exmonod Kawasan Kota Lama Semarang, Minggu (17/12/2017) akan dipasarkan secara umum.

"Sushi seger (sushi sego pager) cuma ada di Kelurahan Godhong di Grobogan. Menginovasi untuk bisa diterima masyarakat umum," tutur Alief kepada Tribunjateng.com. (Tribun Jateng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com