Kompas.com - 24/12/2017, 15:07 WIB
Ragam hidangan khas Cirebon, ada nasi lengko, empal gentong, dan tahu gejrot. KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIARagam hidangan khas Cirebon, ada nasi lengko, empal gentong, dan tahu gejrot.
|
EditorI Made Asdhiana

CIREBON, KOMPAS.com - Daya tarik Kota Cirebon tak hanya di peninggalan sejarah dan budayanya yang besar. Salah satu hal yang perlu wisatawan eksplor ialah kekayaan kuliner Cirebon.

Ada banyak ragam kuliner khas dan modifikasi di Cirebon. Soal rasa jangan diragukan lagi, dijamin akan menggoyang lidah Anda. Untuk yang belum pernah mencoba ragam kuliner khasnya, Anda tentu wajib mencobanya dahulu.

Baca juga : 5 Empal Gentong Khas Cirebon yang Harus Anda Coba

Jangan bingung, berikut KompasTravel rangkum kuliner khas Cirebon yang wajib Anda coba di "kota udang" ini.

1. Empal Gentong

Potongan daging dengan beberapa jeroan sapi ini direbus dengan bumbu rempah khas di dalam gentong. Setelah meresap, daging dikeluarkan untuk kembali dihidangkan saat ada pesanan.

Empal gentong.WWW.DOYANKULINER.COM Empal gentong.
Gurih sedikit pedas rempah ialah rasa umum dari kuah hangat empal gentong khas Cirebon ini. Dengan bawang goreng dan irisan kucai sebagai pelengkap hidangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Bubur Sup Ayam Hangat, Pilihan Sarapan di Cirebon

Siapa pun yang mencium wangi kuah hangatnya akan tergoda. Terlebih dagingnya yang empuk dengan bumbu yang meresap.

Hidangan ini bisa banyak ditemukan di sepanjang Jalan Raya Plered. Seperti Empal Gentong Krucuk, Hj. Dian, H. Apud, Amarta dan yang lainnya.

2. Nasi Lengko

Nasi lengko merupakan hidangan dengan bahan nasi hangat diberi potongan tahu, tempe, mentimun cacah, dan tauge rebus. Lalu disiram saus kacang tauco yang khas, membuatnya makin nikmat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X