7 Destinasi Wisata di Indonesia Paling Instagramable Sepanjang 2017 - Kompas.com

7 Destinasi Wisata di Indonesia Paling Instagramable Sepanjang 2017

Kompas.com - 24/12/2017, 19:00 WIB
Wisatawan berjalan-jalan di pasir Pink Beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Flores, NTT, Rabu (10/5/2017).KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Wisatawan berjalan-jalan di pasir Pink Beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Flores, NTT, Rabu (10/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepanjang tahun 2017 kebanyakan generasi milenial memilih destinasi wisata yang “instagrammable”. Istilah tersebut kerap kali dipakai oleh para pengguna media sosial untuk mendeskripsikan tempat-tempat yang cantik kala diunggah ke Instagram.

Berdasarkan riset yang dilakukan Schofields Insurance, 40,1 persen responden yang merupakan generasi millenial, memilih lokasi berlibur yang " Instagramable".

Berikut adalah tujuh destinasi wisata yang dianggap instagrammable sepanjang tahun 2017, dihimpun oleh KompasTravel.

Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.KOMPAS/YOVITA ARIKA Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.

1. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi yang pilih para generasi milenial untuk berlibur dan menghasilkan foto yang instagrammable.

Pintu masuk wisatwan melalui Labuan Bajo, wisatawan bisa mendapatkan panorama yang indah untuk dinikmati langsung dengan pandangan mata juga melalui foto. Ada panorama pantai dan laut yang indah, juga komodo yang berada di habitatnya.

(Baca juga : Berburu Sunset di Labuan Bajo? Coba ke Lokasi Ini..)

Tempat-tempat yang biasanya menjadi andalan yang instagrammable diantaranya Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Pantai Pink, Gili Laba, dan  Pulau Kanawa,

Panorama laguna Pulau Rufas dilihat dari puncak bukit karst pada Senin (1/6/2016). Pulau Rufas terletak di Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Lanskap air laut jernih serta tebing batu karst bisa terlihat dari puncak bukit.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Panorama laguna Pulau Rufas dilihat dari puncak bukit karst pada Senin (1/6/2016). Pulau Rufas terletak di Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Lanskap air laut jernih serta tebing batu karst bisa terlihat dari puncak bukit.
2. Raja Ampat

Wisata alam yang sangat indah menjadi daya tarik wisata di Raja Ampat, Papu Barat. Wilayah Raja Ampat terdiri empat pulau besar yakni, Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool dengan dikelilingi 1.847 pulau kecil.

Tidak hanya menawarkan pesona alam bawah laut seperti melihat pari manta, Raja Ampat juga menggelar festival bahari yang tak boleh terlewatkan.

(Baca juga : Laguna Pulau Rufas, Mutiara Tersembunyi di Raja Ampat)

Beberapa hal yang diincari wisatawan saat datang ke Raja Ampat adalah diving dan berfoto bersama manta. Selain itu juga, berpose dengan latar belakang keindahan alam yang instagramable.

Salah satunya di wilayah Teluk Kabui, banyak spot menarik yang dapat diabadikan, yakni Pulau Manyaifun atau Bukit Raja. Di sana, wisatawan bisa melihat Teluk Kabui dengan lebih jelas.

Wisatawan di Pura Besakih yang berlatar belakang Gunung Agung meletus di Karangasem, Bali, Selasa (28/11/2017).ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA Wisatawan di Pura Besakih yang berlatar belakang Gunung Agung meletus di Karangasem, Bali, Selasa (28/11/2017).
3. Bali

Di akhir tahun 2017 ini, Bali ditempa bencana alam dengan adanya erupsi Gunung Agung. Namun, tak menjadikan Bali tercoreng dari destinasi yang instagramable.

Jelas sekali bahwa Bali memiliki pantai yang indah apalagi untuk diabdikan dengan foto. Selain pantai, obyek lain yang digunakan untuk foto adalah kafe-kafe kekinian juga hotel atau resort yang memiliki konsep unik.

(Baca juga : Sihir Ubud di Mata Wisatawan Dunia)

Wisatawan pun tinggal memilih, objek mana yang mereka sukai. Bali menawarkan panorama alam seperti gunung dan pantai. Sementara spot foto lainnya bisa didapatkan di tempat wisatawan menginap.

Seperti halnya di wilayah Ubud, ada resor bergaya Jepang dan resor yang menawarkan konsep wisata kesehatan. Di sana banyak spot indah yang bisa diabadikan untuk media sosial.

Salah satu spot foto di Bukit Ngisis, Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Salah satu spot foto di Bukit Ngisis, Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).
4. Yogyakarta

Kampung Code di Yogyakarta menjadi daya tarik wisatawan, juga menjadi tempat yang instagramable. Para pengunjung bisa melihat pemandangan Kali Code dan perkampungan berada di tepian sungai.

Uniknya kampung yang dulunya kumuh, menjadi menarik dengan balutan warna-warni, sehingga cantik dipotret.

(Baca juga : 5 Tempat Instagramable di Kulon Progo, Cocok Buat Anak Zaman Now)

Kemudian, obyek wisata lainnya hadir melengkapi keinginan generasi milenial memenuhi kebutuhan foto, yakni Desa Wisata Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Obyek wisata yang bisa Anda datangi untuk mencari spot instagrambale di sana antara lain Bukit Ngisis, Puncak Kebun Teh Nglinggo, Hutan Pinus, dan di jalur track off road di Nglinggo.

Pengunjung memadati obyek wisata Tebing Keraton di Bandung, Minggu (10/7/2016).Erwin Gumilar Pengunjung memadati obyek wisata Tebing Keraton di Bandung, Minggu (10/7/2016).
5. Bandung

Spot foto yang sebelumnya telah terkenal dengan latar belakang hutan lebat di Bandung adalah Tebing Keraton. Nah, ada obyek wisata lain yang juga instagenic, berfoto sambil berayun dilengkapi pemandangan yang indah.

(Baca juga : Berayun di Ketinggian ala The Lodge Maribaya, Berani Coba?)

The Lodge Maribaya adalah destinasi wisata alam yang terletak di Maribaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Ini adalah salah satu obyek wisata "kekinian" terutama di kalangan kaum milenial. Ada dua spot foto utama di The Lodge yakni Sky Tree dan Mountain Swing.

Lalu juga ada Farm House Lembang. Di sana Anda bisa merasakan wisata nuansa Eropa, yang menawarkan arsitektur Eropa tempo dulu, bisa dijadikan spot foto.

Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
6. Bogor

Bogor merupakan destinasi incaran warga disekitaran Kota Jakarta. Selain dekat dari wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang, Bogor pula menyajikan keindahan alam yang cantik diabadikan.

Beberapa tempat cantik cocok untuk diunggah ke media sosial diantaranya, Venesia di Little Venice yang terletak di wisata Kota Bunga, merupakan obyek wisata bernuansa seperti di Venesia, Italia. Di sana juga terdapat sungai yang membelah antara dua kompleks bangunan berarsitektur Eropa.

(Baca juga : Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Hangat dan Menyembuhkan)

Kemudian, ada juga Taman Wisata Gunung Pancar merupakan tempat berkemah. Kini banyak wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan momen liburannya di atas hammock yang bergantung diantara pohon pinus.

Lalu ada Highland Park Resort, penginapan bergaya Mongolian dengan konsep tenda kerucut, cocok sebagai tempat berfoto.

Terakhir ada Istana Panda di Taman Safari Indonesia, Cisarua yang baru saja dibuka akhir tahun ini.

Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

7. Jakarta

Nah, Jakarta merupakan salah satu destinasi termasuk ke dalam kota terpopuler versi Instagram tahun 2017. Jakarta menjadi kota paling populer di dunia versi Instagram dalam fitur Instagram Stories.

Di Jakarta Anda bisa mendatangi berbagai obyek wisata yang bisa dijadikan tempat berfoto bersama teman atau pun keluarga.

Misalnya saja obyek wisata outdoor seperti Kota Tua dan pun Taman Kota Kalijodo. Tidak hanya wisata murah, Anda juga bisa mencari spot foto yang ciamik.

(Baca juga : Besok, Museum MACAN nan Instagramable Dibuka untuk Umum)

Kemudian, untuk wisata indoor, wisatawan dapat memilih museum, seperti halnya Museum Macan.

Museum MACAN tercatat sebagai institusi pertama yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta internasional.

Sementara di akhir tahun, tempat instagramable lainnya bisa juga Anda temukan di dalam pusat perbelanjaan. Di sana terdapat pohon natal yang cantik untuk diabadikan, yakni di Mal Central Park, Mal Taman Anggrek, Mal Kota Kasablanka, Mal Grand Indonesia, dan Mal Plaza Indonesia.

 

 


EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X