Akhir Tahun, Yuk Lihat Kembang Api di Festival Bukit Pergasingan

Kompas.com - 26/12/2017, 07:00 WIB
Tim Kompas.com trekking di punggung Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani. KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYATTim Kompas.com trekking di punggung Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Tahun Baru Bukit Pergasingan di Sembalun, Nusa Tenggara Barat akan digelar pada 31 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Penyelenggaraan acara festival tahun ini akan berbeda dengan festival pada tahun lalu karena selain menyajikan keindahan pemandangan Bukit Pergasingan, panitia juga mengadakan lomba foto Firework Selfie.

"Yang sedang berada di Lombok sangat rugi jika tidak ambil bagian dalam momen ini. Merayakan tahun baru di Bukit Pergasingan dengan ketinggian 1700 mdpl, pasti sangat seru. Ini akan membawa pengalaman yang tak akan mudah dilupakan," ujar ketua Panitia Festival Tahun Baru Bukit Pergasingan, Masturi dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (25/12).

(Baca juga : Menjamah Awan di Bukit Pergasingan)

Pemadangan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Foto diambil dengan kamera smartphoneKOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pemadangan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Foto diambil dengan kamera smartphone
Bila biasanya kembang api disaksikan di tempat-tempat keramaian kota, di festival ini keindahan kembang api akan disaksikan dengan latar belakang eksotisme Gunung Rinjani.

"Syaratnya mudah, cukup memposting foto-foto selfie dengan hastag #FestivalTahunBaruBukitPergasingan. Pemenang lomba akan langsung diumumkan keesokan harinya dan mendapatkan hadiah menarik tentunya," tutur Masturi.

(Baca juga : Peluh dan Keluh Demi Cantiknya Sunrise Pergasingan)

Bukit Pergasingan sendiri tak sulit dicari. Letaknya tak jauh dari Gunung Rinjani tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika Anda ingin menuju ke bukit ini, waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Sembalun dari Kota Mataram sendiri bisa ditempuh selama sekitar 2-3 jam.

Kawasan Sembalun, Lombok Timur, yang dikelilingi beberapa bukit menawarkan potensi wisata alam berupa soft trekking ke beberapa bukit, di antaranya Bukit Pergasingan. Panorama Gunung Rinjani, hamparan areal pertanian berupa petak sawah dan kebun berwarna warni, serta pemandangan sunset dan sunrise menjadi menu visual di wisata trekking bukit tersebut. Foto diambil pada Maret lalu. KOMPAS/RIZA FATHONI Kawasan Sembalun, Lombok Timur, yang dikelilingi beberapa bukit menawarkan potensi wisata alam berupa soft trekking ke beberapa bukit, di antaranya Bukit Pergasingan. Panorama Gunung Rinjani, hamparan areal pertanian berupa petak sawah dan kebun berwarna warni, serta pemandangan sunset dan sunrise menjadi menu visual di wisata trekking bukit tersebut. Foto diambil pada Maret lalu.

Nah, bagi yang berminat, pendakian ke Bukit Pergasingan akan didukung trekking organizer (TO). Para TO ini menyediakan seluruh kebutuhan pendakian, mulai dari tenda, matras, slepping bag, kompor portable, termasuk jasa porter/guide.

Wisatawan bisa menyewa seluruh perlengkapan menginap sekitar Rp 175.000. Tendanya bisa menampung tiga orang. Pastikan membawa jaket tebal, penutup kepala, sarung tangan dan kais kaki tebal. Jangan lupa, siapkan air minum dan makanan cukup.

(Baca juga : Bukit Pergasingan, Alternatif Pendakian Gunung Rinjani)

"Silakan datang ke Lombok Timur. Kami akan menunggu Anda di kaki bukit. Kami akan menemani Anda naik ke atas bukit untuk rame-rame merayakan malam tahun baru bersama," pungkas Masturi.

Foto dari kamera smartphone menunjukkan pemandangan kebun cabai di kaki Pergasingan, di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Aktivitas Gunung Barujari di Kaldera Gunung Rinjani, tidak banyak mempengaruhi kehidupan warga Desa Sembalun Lawang yang letaknya di sebelah timur gunung, karena abu vulkanik terlihat mengarah ke barat.KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Foto dari kamera smartphone menunjukkan pemandangan kebun cabai di kaki Pergasingan, di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Aktivitas Gunung Barujari di Kaldera Gunung Rinjani, tidak banyak mempengaruhi kehidupan warga Desa Sembalun Lawang yang letaknya di sebelah timur gunung, karena abu vulkanik terlihat mengarah ke barat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, setiap perayaan tahun baru bisa menjadi salah satu atraksi yang bisa mendatangkan wisatawan. Momentum perayaan Tahun Baru pun bisa menjadi kampanye terdepan untuk menunjukan wajah tanah air dalam Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia sekaligus.

“Kami selalu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dan kebersihan selama berwisata. Buktikan pada dunia, bahwa Indonesia aman, tertib, bersih, sejuk, indah, dan ramah,” ujar Arief.

(Baca juga : Menjelajahi Surga Pergasingan di Ketinggian 1.700 Mdpl)

Ia pun meminta kepada setiap wisatawan untuk aktif membantu dan memviralkan program Wonderful Indonesia.

“Caranya gampang. Setiap kali beraktivitas di Lombok jangan lupa ambil foto atau video, lalu mempostingnya di media sosial masing-masing. Jangan lupa tambahkan #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia lalu ketik nama lokasi daerah wisata dan kuliner yang dikunjungi juga dinikmati. Selamat menikmati pesta Tahun Baru,” paparnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X