Kompas.com - 26/12/2017, 13:22 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KUNINGAN, KOMPAS.com - Kabupaten Kuningan di Jawa Barat memang penuh dengan wisata alam, mulai dari curug, pemandian, perkemahan, hingga pegunungan ada di sana. Salah satu pusat kunjungan wisata alam ialah dataran tinggi Kecamatan Cigugur.

Cigugur berada tepat di kaki Gunung Ciremai, tentunya masuk wilayah Taman Nasional Gunung Cermai (TNGC). Cigugur memiliki banyak destinasi wisata dataran tinggi yang dikembangkan oleh masyarakat, maupun swasta.

Jika Anda ingin melihat Kuningan dari ketinggian, ataupun golden sunrise terbaik di Kuningan, bisa datang ke beberapa tempat di Cigugur.

Baca juga : Tour de Linggarjati 2017 Promosikan Pariwisata Kuningan

KompasTravel sempat berkunjung ke dataran tinggi Cigugur, saat famtrip bersama Kementerian Pariwisata, Sabtu (23/12/2017). Berikut rangkuman, enam destinasi wisata yang ada di Cigugur:

1. Ipukan

Merupakan salah satu bumi perkemahan dengan pemandangan menghadap ke Gunung Ciremai dan Kota Kuningan. Ipukan juga merupakan salah satu tempat favorit pengambilan foto matahari terbit di Kuningan.

Baca juga : Dibuai Pesona Alam yang Asri, Mampirlah ke Kuningan

Bumi perkemahan di sini merupakan salah satu yang tertinggi di Kuningan, selain Gunung Ciremai. Untuk berkemah cukup membayar Rp 15.000. Di sini juga menyediakan tenda kemah Rp 150.000 untuk minimum tiga hari dua malam, dan perlengkapan kemah lainnya.

Curug Putri, salah satu destinasi wisata di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Destinasi ini termasuk salah satu dataran tinggi Kuningan, Jawa Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Curug Putri, salah satu destinasi wisata di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Destinasi ini termasuk salah satu dataran tinggi Kuningan, Jawa Barat.

2. Curug Putri

Salah satu curug tertua yang dibuka untuk wisata di Kuningan. Curug dengan tinggi 25 meter ini airnya jernih, langsung dari mata air Gunung Ciremai.

Dengan tinggi air terjun 15 meter, terdapat kolam besar di bagian bawahnya. Oleh karena itu, wisatawan bisa berendam di segarnya air Gunung Ciremai. Selain itu, di bagian atas curug juga ada bumi perkemahan di tengah pepohonan pinus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.