Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarnya Asem-asem Khas Kota Tegal

Kompas.com - 27/12/2017, 09:53 WIB

TEGAL, KOMPAS.com - "Asem-asem Kota Tegal disajikan berbeda dari asem-asem Semarang," begitu keterangan Zainal, pengurus Warung Haji Caup, kepada Tribunjateng.com, Selasa (26/12/2017).

Terlihat dari kuahnya sudah berbeda. Jika di Semarang kuah asam-asem berwarna coklat karena diberi kecap ataupun gula merah, maka asem-asem di Kota Tegal berwarna bening.
Mirip sup warna kuahnya.

"Kami memang tidak menambahkan kecap, biar nanti jika yang ingin kecap ditakar pengunjung saja," kata Zainal.

Baca juga : Asem-asem Iga dan Nasi Timbel

Asem-asem di Warung Haji Caup yang berlokasi di dekat Alun-alun Kota Tegal, tepatnya di Pasar Senggol, dagingnya menggunakan daging sapi.

Selain itu dagingnya disajikan dengan menyertakan tulang. Istilahnya balungan. Sajiannya pas, banyak dagingnya dan tulangnya hanya sebagai penyedap.

"Untuk menambah rasa asam pada kuahnya, kami tidak menggunakan asem. Tetapi kami memilih belimbing wuluh," kata Zainal.

Baca juga : Yuk ke Bogana Milka Asli Tegal

Terlihat juga belimbing wuluh yang masak bersama daging sapi. Tampak segar dengan cabai yang masih utuh sempurna.

"Segar sih, ini kalau pedas apalagi, wah dan dimakan pas masih panas pula," tutur Jasmin, pengunjung asal Jakarta yang berlibur di Brebes kepada Tribunjateng.com.

Seporsi Asem-asem harganya yakni Rp 30.000.

Suasana Warung Makan Haji Caup Gendut di Pasar Senggol, Kota Tegal, Jawa Tengah. Warung ini sering disinggahi rombongan perjalanan jauh yang melintas di Pantura Kota Tegal. Suasana hari Minggu (24/12/2017) yang ramai pengunjung.  TRIBUN JATENG/BARE KINGKIN Suasana Warung Makan Haji Caup Gendut di Pasar Senggol, Kota Tegal, Jawa Tengah. Warung ini sering disinggahi rombongan perjalanan jauh yang melintas di Pantura Kota Tegal. Suasana hari Minggu (24/12/2017) yang ramai pengunjung.
Selain menyajikan menu asem-asem, di warung ini juga menyajikan soto tauco, lengko, sate kambing, serta minuman khas yaitu teh alang-alang.

Hari itu masih ada beberapa pengunjung luar kota yang mencoba kuliner di warung ini.

Warung ini buka mulai pukul 09.00 WIB. "Kalau tutupnya relatif, jika sore sudah habis ya warung tutup. Kalau liburan memang ramai dari dulu, apalagi jam 11," kata Zainal.

Meski begitu, tambah Zainal, ramai atau tidaknya pengunjung kadang tidak bisa diprediksi. (Tribun Jateng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com