Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Oleh-oleh Tahu Susu Khas Kuningan

Kompas.com - 27/12/2017, 12:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com - Tahu ternyata bukan hanya buah tangan khas Sumedang. Berbeda dengan tahu sumedang, tahu susu dari Kuningan ini mengandalkan kelembutan tekstur di dalamnya.

Selain ada di Lembang, tahu susu ini juga diproduksi dan terkena di Kuningan. Nama tahu susu sendiri diambil karena teksturnya lembut, dan warnanya yang se putih susu murni. Dalam proses pembuatannya pun menggunakan susu.
 
Salah satu pembuat dan penjual tahu susu kuningan, Ari mengatakan ciri khas dari tahu susu kuningan ialah bagian dalam tahu yang tidak kosong. Meskipun tahu sudah digoreng, bagian dalamnya padat terisi dengan lembutnya tahu, tak jauh berbeda dengan tahu susu di Lembang.
 
 
KompasTravel sempat mengunjungi salah satu produsen tahu susu ini, saat famtrip Kuningan bersama Kementerian Pariwisata. Produsen tahu sekaligus toko ini berada di Jalan Raya Bojong nomor 146, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.
 
Di sini tempat tahu dibuat, digoreng, dan dijual langsung. Namun untuk pabriknya masih harus berjalan ke belakang toko tahu susu kuningan tersebut.
 
Tahu susu kuningan dalam tampah, sebelum digoreng.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Tahu susu kuningan dalam tampah, sebelum digoreng.
"Tahu di sini gorengnya harus dadakan, jadi kalau ada yang mesen baru digoreng," ujar Ari kepada KompasTravel, Minggu (24/12/2017).
 
Dalam satu hari ia bisa menjual sampai 700an tahu. Ketika habis pun langsung diproduksi lagi di bagian belakang toko.
 
 
KompasTravel sempat mencoba tahu tersebut dalam keadaan hangat. Memang amat lembut teksturnya dalamnya, bahkan saat dirobek, bagian dalamnya seperti melting, dan juicy. Sedangkan luarnya kering berwarna coklat.
 
"Tahu ini enak banget dimakan pas anget, terasa lembutnya. Kalau sudah dingin kurang enak, jadi mending beli mentah (kalau dibawa jauh)," ujar Randy warga asli Kuningan, anggota Generasi Pariwisata (GenPi) Kuningan.
 
Bagi wisatawan yang ingin membawanya untuk oleh-oleh, baiknya memang membeli yang masih mentah. Tahu mentah tersebut tahan 2-3 hari di luar kulkas.
 
Harga satu kotak tahu susu kuningan mentah sebesar Rp 15.000, berisi 40 potong tahu kecil. Sedangkan yang sudah matang, dijual dalam keranjang Rp 25.000.
 
Namun, teknik menggoreng tahu ini ternyata amat menentukan cita rasanya. Saat menggoreng, tahu harus terendam minyak panas, sehingga lapisan luar kering merata dan garing.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com