Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Mangga Alpukat?

Kompas.com - 27/12/2017, 13:40 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Di akhir 2017 media sosial dipenuhi dengan unggahan soal mangga alpukat. Di mana para pecinta buah mangga ini bisa menikmati buah mangga dengan cara memakan buah alpukat.

Lantas apa sebenarnya mangga alpukat tersebut?

Pemilik label buah mangga Fresh Mangoes, Heru Andriyono menjelaskan bahwa mangga alpukat merupakan sebutan untuk buah mangga yang dikupas dan dimakan seperti halnya alpukat.

“(Mangga alpukat) sebetulnya bukan perkawinan mangga dengan alpukat. Cara makannya saja yang berbeda dan dibelah seperti alpukat. Mangga alpukat adalah mangga gadung arum manis dengan klon 143 dan 21,” kata Heru kepada KompasTravel, Selasa (26/12/2017).

Ia menjelaskan mangga ini memiliki serat buah yang lebih halus, sehingga bisa dibuka seperti alpukat. Selain itu, mangga alpukat dipastikan memiliki rasa yang manis.

“Rasanya sendiri dipastikan manis, karena mangga dipetik secara tepat. Jadi dipetiknya, kondisi mangga sudah tua di pohon. Kalau (mangga) masih muda, tidak bisa dibuka seperti alpukat,” katanya.

KompasTravel pun sempat mencoba mangga alpukat ini beberapa waktu lalu dengan cara memakannya yang berbeda.

Biasanya Anda harus mengupas kulit mangga terlebih dahulu. Lalu memisahkan antara daging dan biji mangga, barulah daging mangga dipotong dan siap disantap. 

Mangga kekinian dinamakan mangga alpukat. Mangga gadung arum manis yang memiliki serat sangat halus dan cita rasa manis saat dinikmati. KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Mangga kekinian dinamakan mangga alpukat. Mangga gadung arum manis yang memiliki serat sangat halus dan cita rasa manis saat dinikmati.
Nah, untuk mangga alpukat ini, setelah dibelah seperti alpukat dibagian tengahnya, maka bisa langsung menyantap daging mangga ini menggunakan sendok. 

Rasa mangga alpukat ini memang manis seperti mangga arum manis pada umumnya. Namun, perbedaan yang kentara ketika mangga sudah berada di dalam mulut. 

Tekstur mangga benar-benar halus, persis seperti yang dikatakan Heru, bahwa seratnya buah mangga begitu halus. Sehingga tak ada serat yang akan menyangkut di bagian gigi Anda.

Untuk harga mangga alpukat ini, Heru membanderol per satu buahnya sekitar Rp 30.000. Sementara pembeli dapat pula membeli per satu dus yang total beratnya sekitar lima kilogram, terdiri dari 12 buah mangga ukuran besar degan harga Rp 250.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com