Nama Kota Terpanjang Sedunia Disandang Bangkok!

Kompas.com - 28/12/2017, 07:21 WIB
Pemandangan Kuil Wat Arun di Bangkok, Thailand. NOVA DIENPemandangan Kuil Wat Arun di Bangkok, Thailand.
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Bersama beberapa teman Indonesia yang menetap dan bekerja di Thailand, kami kerap menjadikan Bangkok sebagai kota untuk berakhir pekan. Selain untuk bertemu teman yang sedang berlibur, nonton konser musik, belanja atau sekedar hang out demi suasana yang berbeda.

Weekend gateway kali ini saya dan Astari merayakan ulang tahun Welah, sahabat kami, sekalian mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah kami datangi di kota bernama terpanjang di dunia ini.

Baca juga : After You di Bangkok Buka Kafe Khusus Sajian Durian

Bagi yang belum tahu, nama panjang Bangkok adalah "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit."

Pemandangan kota Bangkok, Thailand di malam hari.NOVA DIEN Pemandangan kota Bangkok, Thailand di malam hari.
Tuh kan, panjang. Artinya adalah "Kota malaikat, kota besar, tempat tinggal Buddha, kota tak tertembus, ibu kota besar, kota sembilan permata, kota bahagia, kota berlimpah, sebuah Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai tempat tinggal surgawi, reinkarnasi, sebuah kota yang diberikan oleh Tuhan Indra.

Sedangkan kebanyakan orang yang tinggal di Bangkok seperti Astari, menyebutnya dengan 'Krung Thep', yang kira-kira diterjemahkan menjadi 'City of Angels'.

Baca juga : Mudahnya Mencari Makanan Halal di Thailand...

Ibu kota Thailand ini adalah sebuah kota besar serupa Jakarta, terlebih dengan semrawut kemacetannya. Bangkok terkenal dengan banyaknya kuil suci sekaligus kota dengan hidup yang modern.

Kuil Wat Pho di Bangkok, Thailand.NOVA DIEN Kuil Wat Pho di Bangkok, Thailand.
Kota yang menjadi rumah bagi Sungai Chao Phraya dengan jaringan kanal-kanalnya yang cantik, Grand Palace yang mewah, Kuil Wat Phra Kaew, kuil Wat Pho dan reclining Buddha dan kuil Wat Arun yang sakral.

Baca juga : Tak Perlu ke Jepang, Ini 10 Tempat Melihat Sakura di Thailand

Bagi yang baru pertama kali ke Bangkok disarankan untuk mengunjungi situs-situs indah tersebut. Berikut 8 tempat unik, yang mungkin juga belum pernah Anda datangi.

1. Anantara Siam

Kami memilih penginapan yang berlokasi di daerah Ratchaprasong yaitu hotel Anantara Siam (www.siam- bangkok.anantara.com). Lokasi hotel ini berada di kawasan perbelanjaan Gaysorn, Central World dan Siam Paragon, dengan akses mudah kemana-mana, termasuk stasiun kereta BTS, Lumpini Park dan Kuil Erawan.

Mural di Hotel Anantara Siam, Bangkok, Thailand.NOVA DIEN Mural di Hotel Anantara Siam, Bangkok, Thailand.
Begitu masuk lobi hotel, kami terpesona dengan mural raksasa yang terdapat di tembok lobi. Lukisan mandala yang dikenal dengan nama The Grand Staircase Mural ini merupakan ikon hotel, yang menggambarkan pendakian Dinasti Chakri ke takhta Thailand dengan ratusan tokoh berkostum, binatang, pohon dan bunga dengan warna merah dan kuning.

Di bagian tengah tangga diletakkan foto berbingkai Raja Rama IX, dalam rangka memperingati satu tahun wafatnya sang raja.

Saya sempat dejavu, seperti pernah ke sini sebelumnya. Kemudian saya teringat bahwa saya melihat lobi ini dalam sebuah adegan di serial realty-show Netflix berjudul 'Jack Whitehall: Travels with My Father'.

Grand Palace yang megah di Bangkok, Thailand.NOVA DIEN Grand Palace yang megah di Bangkok, Thailand.
Lukisan tembok dan bar ini lah yang menjadi lokasi pengambilan adegan saat Michael, bapak Jack mengganti penginapan dari motel ke hotel berbintang lima di Bangkok.

Saya langsung membayangkan adegan Jack yang didorong oleh Steven Seagal ke sebuah kolam di depan hotel ini. Mengagumkan!

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X