Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pilihan Transportasi ke Bandara Soekarno-Hatta, Pilih yang Mana?

Kompas.com - 29/12/2017, 16:59 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi umum menjadi penghubung penting bagi para pelancong menuju Bandara Soekarno-Hatta. Setiap hari, jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta mencapai 150.000 orang.

Banyaknya pelancong dan letak Bandara Soekarno-Hatta yang cenderung jauh, terutama dari Jakarta, akhirnya membuat transportasi umum menjadi tumpuan. Untungnya kini semakin banyak pilihan transportasi umum dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Aneka Fasilitas ala Pesawat di Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Berikut tiga transportasi umum yang memiliki rute PP ke Bandara Soekarno-Hatta dari Jakarta dan sekitar:

1. Bus Damri (Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia)

Menjadi salah satu moda transportasi umum idola, khususnya bagi warga kota satelit Jakarta seperti Bekasi dan Depok. Bus Damri dengan rute Bandara Soekarno-Hatta umumnya memiliki pos di terminal atau stasiun besar. Misalnya Terminal Rawamangun, Terminal Blok M, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pasar Minggu, Terminal Tanjung Priok, Stasiun Gambir, dan masih banyak lainnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersiap mencoba bus Jakarta Airport Connexion (JA Connexion) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (30/5/2017). JA Connexion adalah moda transportasi yang akan melayani rute dari Bandara Soekarno-Hatta ke sejumlah hotel dan mal yang berada di wilayah Jabodetabek atau sebaliknya. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersiap mencoba bus Jakarta Airport Connexion (JA Connexion) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (30/5/2017). JA Connexion adalah moda transportasi yang akan melayani rute dari Bandara Soekarno-Hatta ke sejumlah hotel dan mal yang berada di wilayah Jabodetabek atau sebaliknya.
Bus Damri juga melayani trayek dari Lippo Karawaci, Karawang, Bekasi, Bogor, Purwakarta, dan Serpong. Umumnya setiap Bus Damri ke Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi AC, TV, Wifi, dan toilet. Tarif Bus Damri dengan trayek Bandara Soekarno-Hatta berkisar Rp 40.000-Rp 65.000 per orang, sekali pergi.

Jadwal keberangkatan Bus Damri trayek Bandara Soekarno-Hatta dapat dilihat di alamat web berikut http://bandarasoekarnohatta.com/rute-dan-jadwal-keberangkatan-damri-dari-dan-ke-bandara-soekarno-hatta.info

2. Bus JA Connexion Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta)

Perum PPD meluncurkan bus trayek bandara yang diberi nama JA Connexion pada Mei 2017. Bus ini menjadi angin segar, bagi pelancong. Sebab kebanyakan pos JA Connexion berada di mal dan hotel. Saat ini JA Connexion memiliki trayek Bandara Soekarno-Hatta dari Mal Kelapa Gading, Mal Taman Anggrek, Ciputra World 1 Kuningan, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall, dan Tamini Square.

Bus JA Connexion umumnya dilengkapi AC dan Wifi. Tarif per orang mulai dari Rp 25.000 (untuk promo trayek awal), Rp 30.000 dan Rp 35.000 (tergantung jauh).

Jadwal keberangkatan Bus JA Connexion dapat dilihat langsung di akun Instagram resmi Perum PPD.

Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.

3. Kereta Bandara

Akhir 2017, Kereta Bandara menuju Bandara Soekarno Hatta akhirnya diuji coba. Kereta Bandara rencananya akan berhenti di Stasiun Manggarai, Sudirman Baru (BNI City), Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta (SHIA). Namun, sementara ini, kereta bandara hanya bisa diakses dari Stasiun Sudirman Baru, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Fasilitas yang disediakan oleh Kereta Bandara adalah AC, charing port USB, TV, toilet, dan Wifi.

Saat ini tarif Kereta Bandara adalah Rp 30.000 untuk masa promosi. Setelah diresmikan pada 2 Januari 2018 nanti, masyarakat akan dikenai tarif normal Rp 70.000. Untuk akses ke Stasiun Sudirman Baru, saat ini pemerintah meluncurkan 15 bus Transjakarta, berfungsi sebagai angkutan pengumpan dari dari koridor 1 dan 9 Transjakarta.

Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.
Tiket Kereta Bandara dapat dibeli di vending machine. Mesin tiket ini hanya melayani transaksi non-tunai dengan kartu debit atau kredit. Selain itu tiket dapat dibeli lewat aplikasi Railink yang ada di Play Store dan App Store, serta pembelian online lewat https://reservation.railink.co.id. Pembelian online melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.

********************

Mau merasakan liburan seru ke pulau cantik yang kaya budaya, keindahan bahari dan alam pegunungan selama 4 hari 3 malam? Ikuti photo competition "Unforgettable Journey". Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, dan beragam aktivitas seru. Tak lupa, menangkan hadiah smartphone OPPO F5! Klik link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com