Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meresapi Senja di Banda Neira

Kompas.com - 30/12/2017, 10:17 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir November saya berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu pulau indah yang kaya akan sejarah di Timur Indonesia. Banda Neira merupakan salah satu pulau dari Kepulauan Banda yang yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Sejak dulu, pesona Kepulauan Banda memang memikat. Tanaman pala terbaik di dunia tumbuh subur di pulau-pulau Kepulauan Banda. Tak ayal, berbondong-bondong bangsa hadir untuk menguasai Banda Neira.

Baca juga : Simak Panduan Lengkap Transportasi Menuju Banda Neira

Pulau Rhun salah satu pulau fenomenal di Kepulauan Banda. Lewat Traktat Breda (31 Juli 1667) yang ditandatangani Belanda dan Inggris, Pulau Rhun ditukar dengan Nieuw Amsterdam (kini Manhattan, New York).

Wisatawan berpose di pemandangan senja, Pulau Banda Neira.Kompas.com/Silvita Agmasari Wisatawan berpose di pemandangan senja, Pulau Banda Neira.
Selang 350 tahun dari Traktat Breda, tepat tahun 2017 ini Kepulauan Banda masih tetap memesona. Apalagi Banda Neira menjadi lokasi Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Cipto Mangungkusumo, dan Iwa Kusumasumantri diasingkan.

Baca juga : Buah Pala yang Jadi Aset Utama di Pulau Banda

Pulau ini menjadi saksi bisu perjuangan Indonesia untuk merdeka. Suasana pulau yang tenang membuat wisatawan mancanegara khususnya Eropa gemar melancong ke Banda Neira.

Di Banda Neira wisatawan dimanjakan oleh penduduk yang ramah, ilmu yang tak terkira, dan pemandangan alam yang indah. Termasuk senja yang selalu menghibur hati.

Pemandangan senja di Banda NeiraKOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Pemandangan senja di Banda Neira
Sebenarnya Banda Neira bukan pulau yang tepat untuk melihat senja secara utuh, perlu berperahu ke Pulau Syahrir, Pulau Hatta, atau Pulau Ai untuk melihat senja dengan matahari bulat yang siap beristirahat.

Namun semburat matahari senja yang terpantul Gunung Api dan pulau lainnya justru memberi ciri khas bagi senja di Banda Neira. Penutup hari yang pas, sembari merenung dan melihat aktivitas warga yang berenang, bernyanyi, sampai bercukur. Mari menikmati senja di Banda Neira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com