Kompas.com - 30/12/2017, 16:04 WIB
Candi Borobudur KOMPAS.COM/AMIR SODIKINCandi Borobudur
|
EditorI Made Asdhiana

MAGELANG, KOMPAS.com - Perayaan pergantian tahun baru 2017-2018 menjadi momentum yang tepat untuk menggaungkan seni dan budaya nusantara sekaligus menggerakkan semangat gotong royong kepada masyarakat.

Pengelola Candi Borobudur pun memanfaatkan momentum tersebut dengan kemasan Borobudur Cultural Feast 2017 dan Borobudur Nite 2017.

Borobudur Cultural Feast 2017 merupakan agenda kali kedua setelah sebelumnya diselenggarakan pada 2016. Acara ini akan diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 30 dan 31 Desember 2017 di halaman parkir Candi Borobudur, mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB.

Direktur Utama PT. TWC, Edy Setijono, menjelaskan acara ini bukan fesival akan tetapi sebuah hari raya. Event budaya yang dimiliki dan melibatkan masyarakat Borobudur. Edy ingin Borobudur tetap menjadi inspirasi tentang kebersamaan untuk melahirkan karya-karya baru.

"Candi Borobudur dahulu dibangun bukan dengan kerja paksa tapi berkat gotong royong. Semangat itulah yang ingin kami wujudkan sekarang. Ini menjadi wadah kreativitas masyarakat Borobudur. Ini panggung kita semua," tutur Edy, dalam jumpa pers di Hotel Manohara Borobudur, Jumat (29/12/2017).

Borobudur Feast 2017 sekaligus untuk mendukung pencapaian target kunjungan 2 juta wisatawan mancanegara pada 2019. Dia menegaskan untuk mencapai itu dibutuhkan kerja keras dan sungguh-sungguh.

"Tak perlu berebut. Dulu hanya orang tertentu yang punya akses agar dapat manfaat Borobudur tapi akses itu kini dibuka untuk siapa saja yang mau kerja keras dan sungguh-sungguh," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Edy mengatakan, acara ini diawali dengan kegiatan Sonjo Kampung yang bertujuan untuk merajut kembali benang-benang kekerabatan, kebersamaan dan paseduluran (persaudaraan). Kemudian akan ditampilkan Pesta Kuliner & Produk Kreatif, Panggung Seni Borobudur, Lomba Kreasi Masak Beong, Lomba Kreasi Busana Borobudur, Pesta Masak Besar dan Balkondes Nite.

Hendro Kimpling, Koordinator Borobudur Feast 2017, menjelaskan acara ini akan dibuka pada Sabtu (30/12/2017) dengan acara antara lain Lomba Kreasi Masak Beong, Pertunjukan Seni Angklung, Jathilan, Keroncong Puri Irama Borobudur, Koes Plus Mania, Tari Topeng Ireng “Cipto Kawedar” Ngaran Borobudur, Peragaan Lomba Kreasi Busana Borobudur, Gembel Necies Band, Badai (Eks Kerispatih) & Dexter Band, Kubro Siswo WTB Ngablak Magelang, Leak & Kuda Kepang Wahyu Turonggo Budoyo Magelang.

Jump pers Borobudur Nite 2017 Amizingly Wonderful, untuk perayaan malam tahun baru 2017 di Hotel Manohara, Jumat (29/12/2017).KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Jump pers Borobudur Nite 2017 Amizingly Wonderful, untuk perayaan malam tahun baru 2017 di Hotel Manohara, Jumat (29/12/2017).
Sedangkan pada 31 Desember 2017 akan menampilkan Dolanan Tradisional Nusantara Kampung Dolanan Sodongan Bumiharjo Borobudur, Demo Masak Besar, Karawitan Sanggar Ngesti Giri Manunggal Desa Giritengah Borobudur, Strek Desa Sambeng Borobudur, Ring of Fire Band, Santoz Magician, Bregada Desa Karanganyar Borobudur, Prajuritan Soreng Warga Setuju Ngablak Magelang, dan lain sebagainya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.