Ini Panduan ke Bandara Soekarno-Hatta Naik Kereta Bandara - Kompas.com

Ini Panduan ke Bandara Soekarno-Hatta Naik Kereta Bandara

Kompas.com - 02/01/2018, 13:52 WIB
Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat menghadiri acara peresmian layanan KA bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018) pagi. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat menghadiri acara peresmian layanan KA bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, Selasa (2/1/2018), Presiden Joko Widodo meresmikan kereta bandara Soekarno-Hatta. Peresmian tersebut, menandakan bahwa kereta bandara sudah siap digunakan oleh masyarakat.

Kendati demikian, kereta bandara ini sudah soft launching sejak pekan lalu Selasa (26/12/2017), sehingga sudah bisa digunakan masyarakat.

Lantas bagaimana cara menggunakan kereta bandara? Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk sampai di Bandara Soekarno-Hatta menggunakan kereta bandara yang dihimpun KompasTravel.

1. Cek Stasiun Pemberangkatan

Perlu diketahui, rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga : Aneka Fasilitas ala Pesawat di Kereta Bandara Soekarno-Hatta  

Namun, pada pengoperasian awal, kereta bandara tidak langsung berangkat dari Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri, sebab masih dalam proses konstruksi.

Sehingga para penumpang saat ini dapat berangkat dari Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Batu Ceper.

Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.

2. Ketahui Jadwal Keberangkatan

PT Railink telah siapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

Kereta bandara nantinya terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang. 

Pemberangkatan Stasiun Sudirman Baru-Bandara Soekarno Hatta dimulai pukul 03.21 WIB untuk kereta pertama dan kereta terakhir pukul 22.51 WIB. Sementara jadwal pemberangkatan dengan rute sebaliknya, Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman Baru berangkat mulai pukul 04.40 WIB hingga kereta terakhir pukul 00.40 WIB.

Baca juga : Tiga Pilihan Transportasi ke Bandara Soekarno-Hatta, Pilih yang Mana?

Dalam satu hari, kereta ini akan memiliki frekuensi perjalanan sebanyak 80 kali perjalanan. Waktu penjemputan dilakukan setiap 15 menit dan 30 menit sekali pada jam sibuk.

Anda pun dapat mengecek jadwal keberangkatan dengan mengakses www.railink.co.id atau mengikuti akun Twitter @kabandara.

Antusias masyarakat saat ingin mencoba kereta api bandara di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,Banten, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Antusias masyarakat saat ingin mencoba kereta api bandara di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,Banten, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.

3. Perkirakan Waktu Keberangkatan

Sebelum Anda membeli tiket kereta bandara, terutama untuk keberangkatan ke Bandara Soekarno-Hatta, sebaiknya perkirakan waktu keberangkatan.

Waktu tempuh perjalanan menggunakan kereta bandara ini diperkirakan selama 54 menit dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta.

Jadi, sebaiknya Anda perhitungkan betul pukul berapa Anda berangkat dari rumah ke stasiun, kemudian dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta.

Paling tidak Anda berangkat tiga jam sebelum waktu penerbangan. Tujuannya agar tidak terburu-buru untuk check-in keberangkatan pesawat, atau mengantisipasi tertinggal dari penerbangan.

4. Cara Membeli Tiket Kereta Bandara

Ada dua cara pembelian tiket kereta bandara, yakni datang langsung ke stasiun dan melalui aplikasi. Keduanya menggunakan sistem cashless atau non-tunai.

Antusias masyarakat saat membeli tiket kereta api bandara di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Antusias masyarakat saat membeli tiket kereta api bandara di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.
Jika Anda ingin membeli di stasiun, tiket dapat Anda beli di vending machine yang hanya melayani transaksi non-tunai dengan debit atau kredit.

Anda akan diminta memasukan jadwal keberangkatan dan jumlah tiket yang dibutuhkan. Selain itu juga, penumpang akan diminta memasukkan nama, nomor ponsel, dan alamat e-mail. Akan tetapi untuk pembelian di mesin ini, tak lagi menggunakan alamat email, cukup nomor telepon Anda.

Waktu transaksi antara 1-2 menit. Jika berhasil, tiket kertas dan struk akan keluar.

Sementara, pembelian melalui aplikasi bisa dilakukan melalui aplikasi Railink di Google Play Store atau di Apple App Store. Penumpang bisa membeli tiket dengan membuka laman https://reservation.railink.co.id. Pembelian online melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.

Harga tiket kereta bandara setelah diresmikan Jokowi adalah Rp 70.000 sekali perjalanan.

Perlu dicatat, pembelian ditutup 20 menit sebelum jadwal keberangkatan atau jika kapasitas sudah penuh.

Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.
Adapun gerbang dibuka 20 menit sebelum kereta datang dan penumpang bisa naik selama pintu kereta masih dibuka.

5. Cara ke Stasiun Sudirman Baru

Bagi Anda yang ingin menggunakan kereta bandara, bisa naik transportasi umum seperti Transjakarta dan commuter line untuk ke Stasiun Sudirman Baru.

Untuk pengguna Transjakarta, ada dua rute yang disiapkan oleh Transjakarta untuk feeder ke kereta bandara.

Pertama dari Stasiun Sudirman Baru – Gambir (koridor 1) dengan rute Hotel Indonesia – Sarinah – Bank Indonesia – Patung Kuda – Stasiun Gambir – Istana – Monas kembali ke Bank Indonesia – Sarinah – Hotel Indonesia - keluar di jalur Blora – Stasiun Sudirman Baru.

Sedangkan yang kedua Stasiun Sudirman Baru ke Menteng (koridor 9) dengan rute yang dilalui yaitu dari Stasiun Sudirman Baru - putaran Hotel Indonesia – Tosari – Dukuh Atas – Karet - Semanggi masuk rute koridor 9 sampai Kuningan - Menteng – Hotel Indonesia lalu masuk Blora dan Stasiun Sudirman Baru.

Calon penumpang berjalan di dekat bus Metrotrans saat uji coba integrasi dengan Kereta Bandara pada hari pertama di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (28/12/2017). Integrasi Metrotrans dengan Kereta Bandara itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.  ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Calon penumpang berjalan di dekat bus Metrotrans saat uji coba integrasi dengan Kereta Bandara pada hari pertama di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (28/12/2017). Integrasi Metrotrans dengan Kereta Bandara itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.
Kemudian untuk pengguna commuter line, bisa turun di Stasiun Sudirman. Penumpang pun harus keluar stasiun dan gunakan pintu keluar di peron ke arah Tanah Abang atau yang berada di bawah menghadap Jalan Blora. Kemudian, jalan kaki melewati terowongan sekitar 20 meter.

6. Sampai di Stasiun Bandara Bisa Langsung Terkoneksi dengan Sky Train

Stasiun Bandara Soekarno-Hatta juga terkoneksi langsung dengan bangunan dan APMS/Skytrain. Jadi sesampainya penumpang di stasiun bandara, bisa langsung berpindah antar-terminal menggunakan Sky Train atau Kereta Layang. 

Adapun Sky Train di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 WIB- 00.17 WIB.

Jadwal tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KA bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sedangkan 4 jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance dan istirahat.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana

Close Ads X