Ini Panduan ke Bandara Soekarno-Hatta Naik Kereta Bandara

Kompas.com - 02/01/2018, 13:52 WIB
Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat menghadiri acara peresmian layanan KA bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018) pagi. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat menghadiri acara peresmian layanan KA bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini, Selasa (2/1/2018), Presiden Joko Widodo meresmikan kereta bandara Soekarno-Hatta. Peresmian tersebut, menandakan bahwa kereta bandara sudah siap digunakan oleh masyarakat.

Kendati demikian, kereta bandara ini sudah soft launching sejak pekan lalu Selasa (26/12/2017), sehingga sudah bisa digunakan masyarakat.

Lantas bagaimana cara menggunakan kereta bandara? Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk sampai di Bandara Soekarno-Hatta menggunakan kereta bandara yang dihimpun KompasTravel.

1. Cek Stasiun Pemberangkatan

Perlu diketahui, rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga : Aneka Fasilitas ala Pesawat di Kereta Bandara Soekarno-Hatta  

Namun, pada pengoperasian awal, kereta bandara tidak langsung berangkat dari Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri, sebab masih dalam proses konstruksi.

Sehingga para penumpang saat ini dapat berangkat dari Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Batu Ceper.

Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.

2. Ketahui Jadwal Keberangkatan

PT Railink telah siapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

Kereta bandara nantinya terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang. 

Pemberangkatan Stasiun Sudirman Baru-Bandara Soekarno Hatta dimulai pukul 03.21 WIB untuk kereta pertama dan kereta terakhir pukul 22.51 WIB. Sementara jadwal pemberangkatan dengan rute sebaliknya, Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman Baru berangkat mulai pukul 04.40 WIB hingga kereta terakhir pukul 00.40 WIB.

Baca juga : Tiga Pilihan Transportasi ke Bandara Soekarno-Hatta, Pilih yang Mana?

Dalam satu hari, kereta ini akan memiliki frekuensi perjalanan sebanyak 80 kali perjalanan. Waktu penjemputan dilakukan setiap 15 menit dan 30 menit sekali pada jam sibuk.

Anda pun dapat mengecek jadwal keberangkatan dengan mengakses www.railink.co.id atau mengikuti akun Twitter @kabandara.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana

Close Ads X