Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Anda Wajib Tahu!

Kompas.com - 02/01/2018, 18:00 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat di Jakarta dan sekitarnya tentu berbahagia mendengar adanya transportasi lain yang dapat digunakan untuk ke Bandara Soekarno-Hatta. ransportasi terbaru yang bisa digunakan yakni kereta bandara.

Presiden Joko Widodo berharap masyarakat mau berpindah ke transportasi massal sehingga mengurai kemacetan di Jakarta.

Nah, berikut ini adalah fakta-fakta dari kereta bandara Soekarno Hatta yang dihimpun KompasTravel.

1. Diresmikan Presiden

Kereta Bandara Soekarno-Hatta diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/1/2018). Usai peresmian, Jokowi bersama rombongan pejabat langsung menjajal kereta bandara tersebut. Jokowi dan para menteri mengambil gerbong paling depan.

Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.
Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ada juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

2. Tarifnya Rp 70.000

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan awalnya Kementrian Perhubungan menetapkan tarif sekali perjalanan kereta bandara Rp 100.000.

Namun, Presiden Joko Widodo merasa harga tersebut terlalu mahal untuk dijangkau masyarakat. Maka biaya langsung ditetapkan oleh Presiden dengan harga Rp 70.000.

"Kalau menurut saya, Pak Presiden sudah ngasih satu harga yang bagus menjadi Rp 70.000, itu Pak Presiden yang menetapkan," kata Budi di Istana Bogor, Rabu (27/12/2017).

Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Suasana di dalam gerbong kereta api bandara saat perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.
3. Pembelian tiket sistem non-tunai

Pembelian tiket ada dua cara yakni, bisa membeli di stasiun dan melalui aplikasi. Kedua cara ini berlaku dengan sistem pembayaran cashless atau non-tunai.

Di stasiun, tiket bisa Anda beli di vending machine yang hanya melayani transaksi non-tunai dengan debit atau kredit.

Sementara, pembelian melalui aplikasi bisa dilakukan melalui aplikasi Railink di Google Play Store atau di Apple App Store. Penumpang bisa membeli tiket dengan membuka laman https://reservation.railink.co.id. Pembelian online melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.

Suasana di dalam salah satu gerbong kereta bandara saat melakukan uji coba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta akan menuju stasiun Sudirman, Selasa (28/11/2017). Kereta Bandara diperkirankan akan resmi beroperasi pada awal bulan Desember 2017 mendatangKOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana di dalam salah satu gerbong kereta bandara saat melakukan uji coba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta akan menuju stasiun Sudirman, Selasa (28/11/2017). Kereta Bandara diperkirankan akan resmi beroperasi pada awal bulan Desember 2017 mendatang
4. Fasilitas ala pesawat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com