Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Pariwisata Jadi Pilar Kemajuan Bone Bolango

Kompas.com - 04/01/2018, 06:34 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Sektor pariwisata akan menjadi salah satu pilar utama pembangunan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Sektor ini dianggap telah berhasil membawa perubahan dan kemandirian masyarakat.

“Kami bertekad mengandalkan sektor pariwisata sebagai salah satu pilar untuk memajukan Kabupaten Bone Bolango,” kata Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Rabu (3/1/2018).

Kabupaten Bone Bolango yang sebagian besar wilayahnya menjadi bagian dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini memiliki tempat wisata andalan, mulai dari kelas lokal maupun untuk pasar wisatawan mancanegara.

Baca juga : Berenang Bersama Hiu Paus, Pahami Dulu Aturannya

Yang banyak dikunjungi wisatawan asing di daerah ini adalah Taman Laut Olele yang dalam satu kawasan memiliki beragam titik penyelaman, hutan taman nasional yang terdapat kawasan penangkaran (nesting ground) burung maleo (Macrocephalon maleo), Lau Botubarani yang sering dikunjungi hiu pas (whale shark), serta kawasan wisata alam Lombongo di pinggir hutan taman nasional. Lombongo memiliki sumber air panas dan fasilitas wisata lainnya.

Danau Perintis yang berada di Suwawa, Bone Bolango. Danau ini dulunya adalah kawasan berair yang dibendung untuk memenuhi kebutuhan air di persawan sekitarnya.KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR Danau Perintis yang berada di Suwawa, Bone Bolango. Danau ini dulunya adalah kawasan berair yang dibendung untuk memenuhi kebutuhan air di persawan sekitarnya.
Sepanjang pantai selatan Bone Bolango, yang menjadi bagian dari Teluk Tomini merupakan tempat yang menarik. Alamnya yang masih terawat, juga sikap terbuka masyarakat desanya yang juga menjadi faktor utama pengembangan destinasi wisata.

Kekayaan budaya lokal juga menjadi faktor pengembangan pariwisata. Di Tapa dan Suwawa yang menjadi kota utama Bone Bolango adalah pusat pengembangan kebudayaan.

“Kunjungan wisatawan lokal, nusantara dan asing ke Bone Bolango signifikan dalam 2 tahun terakhir ini,” kata Hamim Pou.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com