Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah di Gombong Ini Jadi Tempat Wisata, Dulunya Dianggap Rumah Hantu

Kompas.com - 05/01/2018, 18:07 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.comGombong, sebuah kecamatan di Kabupaten Gombong, Jawa Tengah memiliki sebuah tempat wisata sejarah yang wajib untuk dikunjungi.

Terletak di jalur selatan Pulau Jawa yang ramai dengan kendaraan bus maupun truk, ada sebuah “lorong” waktu bisa membawa Anda menjelajah sejarah sang pendiri Martha Tilaar.

Ya, tempat wisata yang masih baru di Gombong itu bernama “Roemah Martha Tilaar”. Dari nama, tempat wisata yang menyimpan segala kenangan tentang Martha Tilaar bisa ditemui di tempat yang beralamat di Jalan Sempor Lama Nomor 28 ini adalah rumah masa kecil Martha.

Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.

(Baca juga : Nasi Penggel Kebumen, Kapan Terkenal seperti Nasi Padang?)

Bagian teras Roemah Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.Dok. Rumah Martha Tilaar Bagian teras Roemah Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.
Direktur Roemah Martha Tilaar, Reza Aditya saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan memulai proses restorasi bangunan sejak tahun 2013. Proses restorasi fisik bangunan berawal dari keinginan Martha Tilaar untuk memberdayakan masyarakat setempat lewat sebuah tempat wisata.

“Sebenernya karena awalnya keinginan Bu Martha untuk balik ke kampungnya. Jadi kan sebenarnya Bu Martha dia lahir dan besar di  Gombong sampai umur 10 tahun. Dia beli rumah keluarga ini dengan maksudnya untuk balik ke kampungnya," kata Reza.

Salah satu kamar tidur di Roemah Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.Dok. Rumah Martha Tilaar Salah satu kamar tidur di Roemah Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.
"Satu pesan yang selalu ditekankan oleh Bu Martha untuk proyek (Roemah Martha Tilaar) ini, dia ingin rumah ini berfungsi untuk masyarakat dan memotivasi orang-orang lokal di sini. Bahwa pesannya adalah sukses. Ya jadi rumahnya keluarga ini dibeli tahun 2012, tahun 2013 itu restorasi fisik. Tahun 2014 kita masuk dengan bikin konsep,” lanjutnya.

Reza memerkirakan keberadaan Roemah Martha Tilaar sudah berdiri sejak tahun 1920-an. Dulunya, masyakat segan untuk melewati rumah tempat Martha Tilaar lahir itu.

Berbeda dengan situasi kini yang banyak dikunjungi wisatawan dan menjadi tempat kegiatan komunitas setempat.

Bagian dalam ruangan Museum Rumah Martha Tilaar, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Semua koleksi Museum Rumah Martha Tilaar merupakan replika kecuali meja altar.Dok. Rumah Martha Tilaar Bagian dalam ruangan Museum Rumah Martha Tilaar, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Semua koleksi Museum Rumah Martha Tilaar merupakan replika kecuali meja altar.
“Saat tahun 2014 Februari itu ke sini. Kami audit masyarakat. Rumah ada besar itu (Roemah Martha Tilaar) itu seperti apa pandangannya. Ada yang bilang itu rumah hantu tuh, rumah angker. Setiap kali orang-orang cerita kalau lewat situ maunya cepat-cepat. Jadi naik motor, naik sepeda itu dikencangin. apalagi kalau udah malam,” ujar Reza.

(Baca juga : Transportasi Wisata ke Kebumen Mulai Rp 74.000, Ini Panduannya)

Ia menceritakan sejak tahun 1970-an, Roemah Martha Tilaar sudah tak ditempati. Beberapa bagian rumah seperti atap, lantai, dan kaca rusak. Begitupun dengan rumput di halaman halaman yang tumbuh tak terawat.

“Rumput-rumput dan ilalang tinggi-tinggi. Jadi rumah utama ini yang ada dan paviliunnya. Kondisinya banyak lumayan kerusakannya. kebayangkan rusak di atap, plafon jebol, kaca patri pecah. interior dalam tegel itu ada juga yang rusak. beberapa ada yang rusak,” jelasnya

Namun, perlahan proses restorasi bangunan tua mengubah penampilan fisik. Kerusakan demi kerusakan diperbaiki. Lantai, plafon, dan atap diganti. Pihak pengelola Roemah Martha Tilaar pun menambah bangunan di sisi rumah utama.

Bagian dalam rumah induk Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.Dok. Rumah Martha Tilaar Bagian dalam rumah induk Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.
“Kalau rusak ada yang kita bongkar dan kita satuin dan tambal. Bagian samping rumah kopi itu bikin baru karena ada kebutuhan. Kami buat aula untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Bangunan tua yang dibangun tahun 1920 itu kini menjadi indah dengan cat putih dan krem yang mendominasi bangunan. Pohon manga dan berbagai tanaman obat menambah rindangnya suasana Roemah Martha Tilaar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com