7 Aktivitas Liburan yang Bisa Anda Coba di Monas

Kompas.com - 06/01/2018, 11:30 WIB
Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasanya belum afdol berkunjung ke Jakarta jika belum ke Monumen Nasional. Monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka, kini memag identik dengan lambang DKI Jakarta.

Tidak hanya berpose dengan latar Monas, sebenarnya ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di komplek Monas. Seperti ragam aktivitas di Monas yang KompasTravel himpun berikut ini.

1. Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian bawah cawan Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Di sana pengunjung dapat melihat 48 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia dalam berbagai masa.

Suasana museum monasKOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana museum monas
2. Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan

Pada cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan. Dahulu di sini pengunjung dapat melihat Sang Saka Merah Putih, bendera asli yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945. Namun karena sudah terlalu tua, bendera tersebut kini tidak dipamerkan. Di ruangan ini, pengunjung dapat mendengarkan suara Presiden RI pertama, Sukarno membacakan teks proklamasi.

3. Naik ke pelataran puncak

Jangan lewatkan kesempatan untuk naik ke puncak Monumen Nasional. Dari ketinggian 115 meter, akan tampak panorama Kota Jakarta. Jika ingin suasana yang berbeda, naiklah ke puncak Monas pada malam hari. Untuk naik ke puncak Monas dikenakan biaya tambahan, sekitar Rp 10.000.

Air mancur menari atau Jakarta Monas Fountain di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2017). Air mancur menari kembali diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat setelah rampung diperbaiki sejak rusak pada 2009 lalu dan air mancur menari Monas akan KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Air mancur menari atau Jakarta Monas Fountain di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2017). Air mancur menari kembali diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat setelah rampung diperbaiki sejak rusak pada 2009 lalu dan air mancur menari Monas akan

4. Melihat air mancur menari

Salah satu pertunjukan yang sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Monas. Air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia hanya ada pada Sabtu dan Minggu malam. Dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 19.30 dan 20.30. Gratis alias tidak dipungut biaya untuk melihat pertunjukan air mancur menari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X