Kompas.com - 07/01/2018, 11:16 WIB
Wedang Uwuh, minuman hangat dari berbagai rempah warisan budaya Solo. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANWedang Uwuh, minuman hangat dari berbagai rempah warisan budaya Solo.
|
EditorI Made Asdhiana

BOGOR, KOMPAS.com - Saat musim hujan seperti awal tahun ini, saatnya mencari kuliner hangat. Selain makanan, Indonesia ternayat punya banyak sekali minuman tradisional yang cocok untuk musim hujan.

Nenek moyang berbagai daerah di Indonesia ternyata telah membuat ramuan khas, dari rempah juga hasil alam lainnya. Ramuan tersebut menjelma jadi obat penawar dingin kala musim hujan tiba.

Bahkan tak hanya penawar dingin, tetapi juga banyak yang berkhasiat untuk kesehatan. Inilah ragam minuman tradisional untuk musim dingin yang KompasTravel rangkum saat berkunjung ke Museum Sejarah Alam Indonesia (Munasein), Bogor.

1.Wedang Uwuh

Berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.Wedang uwuh ini memiliki ciri khas berwarna merah, yang berasal dari kayu secang. Bahan-bahan minuman ini ialah pala, cengkeh, kayu manis, jahe, dan secang.

2. Bandrek

Minuman ini amat terkenal di kawasan Sunda, baik Priangan hingga Bogor dan Cirebon. Kini bandrek bisa Anda nikmati dengan bubuk instan, maupun yang masih berbentuk rempah asli. Bahan utamanya ialah dari jahe dan gula merah.

3. Bajigur

Minuman berwarna coklat ini juga begitu nikmat dikonsumsi sore hari, ditemani berbagai rebusan seperti singkong, pisang, dan yang lainnya. Minuman berbahan dasar santan kelapa dan gula aren ini khas dari kawasan Sunda, tepatnya Jawa Barat.

Bir Kotjok, salah satu minuman tradisional khas Bogor yang kini sulit dijumpai.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Bir Kotjok, salah satu minuman tradisional khas Bogor yang kini sulit dijumpai.

4. Bir Kotjok

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.