Habis Skripsi, Ini Lima Lokasi Cocok untuk Berwisata Foto - Kompas.com

Habis Skripsi, Ini Lima Lokasi Cocok untuk Berwisata Foto

Kompas.com - 10/01/2018, 15:04 WIB
Salah satu tempat foto favorit wisatawan di Hutan Mangrove Angke.KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Salah satu tempat foto favorit wisatawan di Hutan Mangrove Angke.

JAKARTA,KOMPAS.com - Lokasi wisata yang layak dijadikan feed di media sosial Instagram, banyak diincar oleh wisatawan generasi milennial. Tidak hanya wisata alam ada lokasi wisata lain yang ternyata cocok untuk berfoto. Kegiatan berfoto ini juga berguna untuk menghilangkan penat sehabis skripsi.

Namun demikian, ada baiknya untuk menaati batasan foto dan tetap menyerap informasi di tempat wisata tersebut ketimbang hanya berfoto. Inilah lokasi Instargramable di Jakarta dan sekitar:

1. Hutan Mangrove PIK

Di lokasi pemukiman dan kuliner Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ada Hutan Mangrove PIK Kawasan Ekowisata ini dikelola langsung oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jakarta. Selain berfoto ria, tentu dapat melepas penat dan belajar lebih banyak mengenai pohon mangrove.

Baca juga : Wisata Susur Mangrove Makin Asyik, Ini Buktinya...

Tiket masuk ke kawasan ini sebesar Rp 25.000 per orang. Hal yang harus diperhatikan, pengunjung tidak diperbolehkan masuk dengan kamera profesional di kawasan Hutan Mangrove PIK.

Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

2. Museum MACAN

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) resmi dibuka untuk umum, Jumat (4/11/2017). Sampai saat ini Musem MACAN banyak dikunjungi oleh para pecinta seni rupa dan juga wisatawan yang berkunjung untuk berfoto di instalasi seni. Salah satu yang paling terkenal adalah 'Infinity Mirrored Room' karya seniman Jepang, Yayoi Kusama.

Patut dicatat, fungsi utama museum yang terletak di Wisma Akr, Jalan Panjang Nomor 5, Jakarta Barat ini bukan dikhususkan untuk foto, melainkan memberi edukasi kepada para pengunjung. Jadi hormatilah pengunjung lain yang ingin menikmati karya seni.

Pedagang pernak-pernik Tahun Baru China atau Imlek di Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (25/1/2017). Aktivitas ekonomi di Pasar Glodok menunjukkan peningkatan dan para pedagang sudah menjajakan berbagai kebutuhan perayaan menjelang Imlek 2568 pada 28 Januari 2017.GARRY ANDREW LOTULUNG Pedagang pernak-pernik Tahun Baru China atau Imlek di Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (25/1/2017). Aktivitas ekonomi di Pasar Glodok menunjukkan peningkatan dan para pedagang sudah menjajakan berbagai kebutuhan perayaan menjelang Imlek 2568 pada 28 Januari 2017.

3. Kawasan Glodok

Glodok, Jakarta Barat menjadi kawasan pecinan di Jakarta. Dengan segala keramaian, aktivitas, dan ornamen khas China daerah ini banyak menjadi incaran para pecinta fotografi jalanan. Selain berfoto di kawasan Glodok, perjalanan dapat terus dilanjutkan ke daerah Kota Tua Jakarta.

Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

4. Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI boleh dibanggakan, selain digadang sebagai perpustakaan nasional tertinggi juga tersedia koleksi buku dan fasilitas yang mumpuni. Ada banyak instalasi seni, seni lukis, dan spot yang cocok untuk berfoto di Perpustakaan Nasional RI.

Salah satu spot terbaik adalah di balkon lantai 24. Pengunjung dapat berpose dengan latar Monumen Nasional dan kompleknya yang hijau dari ketinggian. Perpustakaan Nasional RI terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan.

5. Stasiun Purwakarta

Stasiun Purwakarta terbilang berbeda dengan stasiun lain, karena adanya tumpukan gerbong kereta lama. Spot tersebut lantas banyak dijadikan latar foto. Selain itu Stasiun Purwakarta juga cocok dikunjungi bagi pecinta moda transportasi kereta.

Untuk menuju ke Stasiun Purwakarta dapat menumpang KRL sampai jurusan Cikarang dengan tiket Rp 5.000. Kemudian di Stasiun Cikarang, naik kereta ekonomi Walahar jurusan Purwakarata yang tiketnya dihargai Rp 6.000.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X