Habis Skripsi, Ini Lima Lokasi Cocok untuk Berwisata Foto

Kompas.com - 10/01/2018, 15:04 WIB
Salah satu tempat foto favorit wisatawan di Hutan Mangrove Angke. KOMPAS.COM/Alek KurniawanSalah satu tempat foto favorit wisatawan di Hutan Mangrove Angke.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA,KOMPAS.com - Lokasi wisata yang layak dijadikan feed di media sosial Instagram, banyak diincar oleh wisatawan generasi milennial. Tidak hanya wisata alam ada lokasi wisata lain yang ternyata cocok untuk berfoto. Kegiatan berfoto ini juga berguna untuk menghilangkan penat sehabis skripsi.

Namun demikian, ada baiknya untuk menaati batasan foto dan tetap menyerap informasi di tempat wisata tersebut ketimbang hanya berfoto. Inilah lokasi Instargramable di Jakarta dan sekitar:

1. Hutan Mangrove PIK

Di lokasi pemukiman dan kuliner Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ada Hutan Mangrove PIK Kawasan Ekowisata ini dikelola langsung oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jakarta. Selain berfoto ria, tentu dapat melepas penat dan belajar lebih banyak mengenai pohon mangrove.

Baca juga : Wisata Susur Mangrove Makin Asyik, Ini Buktinya...

Tiket masuk ke kawasan ini sebesar Rp 25.000 per orang. Hal yang harus diperhatikan, pengunjung tidak diperbolehkan masuk dengan kamera profesional di kawasan Hutan Mangrove PIK.

Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

2. Museum MACAN

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) resmi dibuka untuk umum, Jumat (4/11/2017). Sampai saat ini Musem MACAN banyak dikunjungi oleh para pecinta seni rupa dan juga wisatawan yang berkunjung untuk berfoto di instalasi seni. Salah satu yang paling terkenal adalah 'Infinity Mirrored Room' karya seniman Jepang, Yayoi Kusama.

Patut dicatat, fungsi utama museum yang terletak di Wisma Akr, Jalan Panjang Nomor 5, Jakarta Barat ini bukan dikhususkan untuk foto, melainkan memberi edukasi kepada para pengunjung. Jadi hormatilah pengunjung lain yang ingin menikmati karya seni.

Pedagang pernak-pernik Tahun Baru China atau Imlek di Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (25/1/2017). Aktivitas ekonomi di Pasar Glodok menunjukkan peningkatan dan para pedagang sudah menjajakan berbagai kebutuhan perayaan menjelang Imlek 2568 pada 28 Januari 2017.GARRY ANDREW LOTULUNG Pedagang pernak-pernik Tahun Baru China atau Imlek di Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (25/1/2017). Aktivitas ekonomi di Pasar Glodok menunjukkan peningkatan dan para pedagang sudah menjajakan berbagai kebutuhan perayaan menjelang Imlek 2568 pada 28 Januari 2017.

3. Kawasan Glodok

Glodok, Jakarta Barat menjadi kawasan pecinan di Jakarta. Dengan segala keramaian, aktivitas, dan ornamen khas China daerah ini banyak menjadi incaran para pecinta fotografi jalanan. Selain berfoto di kawasan Glodok, perjalanan dapat terus dilanjutkan ke daerah Kota Tua Jakarta.

Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X