Tak Perlu ke Jepang Lihat Sakura, di Cibodas Juga Ada - Kompas.com

Tak Perlu ke Jepang Lihat Sakura, di Cibodas Juga Ada

Kompas.com - 11/01/2018, 15:28 WIB
Gerbang Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Menyimpan dan melestarikan banyak tanaman langka nan unik, seperti bunga bangkai dan bunga sakura.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Gerbang Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Menyimpan dan melestarikan banyak tanaman langka nan unik, seperti bunga bangkai dan bunga sakura.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampaknya tak perlu menempuh waktu lama ke Jepang, untuk menikmati indahnya bunga sakura berguguran. Pekan ini, Anda bisa melihatnya di Kebun Raya Cibodas (KRC), Cianjur, Jawa Barat.

Selain menikmati sejuknya kawasan Puncak, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menikmati indahnya warna merah muda di pucuk-pucuk pohon sakura (Prunus cerocoides).

Baca juga : Begini Indahnya Musim Sakura di Jepang

Anda bisa berkunjung ke Kebun Raya Cibodas (KRC) di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

"Sudah pak, beberapa (bunga sakura) sudah mekar 50 persen karena cuaca sedang hangat," ujar Muhammad Imam, Peneliti LIPI, bagian Taman Sakura KRC, saat dihubungi KompasTravel, Rabu (10/1/2018).

Baca juga : Bunga Tabebuya Kembali Bermekaran, Magelang bak Negeri Sakura

Ia mengatakan wisatawan sudah mulai berdatangan di pertengahan pekan ini. Ia berharap cuaca akan tetap hangat agar bunga bisa bertahan lebih dari sepekan.

"Tergantung kondisi cuaca. Jika hangat seperti ini dan tidak ada hujan plus angin. Kondisi (bunga) aman sampai weekend," terangnya.

Dari keseluruhan Taman Sakura yang berjumlah 375 batang pohon, masih ada sekitar 50 persennya yang menunggu untuk mekar. Sakura ini diprediksi masih bisa bermekaran beberapa hari ke depan, bahkan lewat dari satu pekan.

Kolam besar ini merupakan lokasi favorit bagi pengunjung untuk melepas lelah setelah berkeliling di kawasan Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Padang rumput yang berbukit dengan pepohonan, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah menjadi pelepas kepenatan bagi pengunjung. KOMPAS/RIZA FATHONI Kolam besar ini merupakan lokasi favorit bagi pengunjung untuk melepas lelah setelah berkeliling di kawasan Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Padang rumput yang berbukit dengan pepohonan, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah menjadi pelepas kepenatan bagi pengunjung.
Namun tentunya dengan catatan cuaca yang bersahabat dengan bunga sakura, yaitu matahari hangat tidak hujan dan angin kencang.

Bunga khas Jepang ini memang sudah lama dibudidayakan di salah satu kawasan KRC. Sakura  pertama kali ditanam pada zaman kolonial pada 1938.

Baru pada tahun 2006 didirikan Taman Sakura di KRC dengan luas sampai saat ini sekitar 3.200 meter persegi.

Anda bisa mengunjungi kebun raya ini dari Senin-Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk ke sini Rp 9.500 per orang untuk dewasa dan anak-anak.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X