5 Warkop di Indonesia yang Berdiri Sejak Masa Penjajahan Belanda

Kompas.com - 12/01/2018, 12:10 WIB
Pengunjung menikmati kopi sambil bermain catur di Warung Kopi Kong Djie, Belitung, Kamis (10/3/2016). KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPengunjung menikmati kopi sambil bermain catur di Warung Kopi Kong Djie, Belitung, Kamis (10/3/2016).
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com – Bisnis kedai kopi kini menjamur. Hampir di setiap sudut kota tersedia ruang kecil untuk Anda menyeruput kopi sambil mengobrol.

Namun di balik kedai-kedai kekinian, ada kedai kopi yang sudah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Cita rasa otentik yang sudah dijaga puluhan tahun tetap akan dicari para peminatnya.

Penasaran ada kedai apa saja? Berikut KompasTravel himpun 5 kedai kopi legendaris di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1920-an.

Pemilik kedai kopi es Tak Kie, Latif Yunus Membawa secangkir kopi di kedainya di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Jumat (2/5/2014). Kedai kopi tua ini dirintis oleh Liong Kwie Tjong, kakek dari Latif Yunus sejak 1927. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemilik kedai kopi es Tak Kie, Latif Yunus Membawa secangkir kopi di kedainya di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Jumat (2/5/2014). Kedai kopi tua ini dirintis oleh Liong Kwie Tjong, kakek dari Latif Yunus sejak 1927.
1. Kedai Kopi Es Tak Kie, Jakarta

Gerai kopi yang sudah berdiri sejak 1927 menjadi sangat populer di kalangan pecinta kopi maupun tidak. Sajian Kopi Susu yang terkenal membuat warung kopi satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Campuran dari es kopi susu Tak Kie merupakan campuran kopi dari jenis kopi kopi Robusta maupun arabika dari Lampung, toraja, sampai sidikalang. Kedai es kopi legendaris ini berlokasi di Gang Gloria Glodok. Ciri khas hidangannya adalah es kopi.

(Baca juga : Selayang Pecinan Jakarta, Seruput Kopi Es Tak Kie)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di kedia es kopi Tak Kie ini juga tersedia menu makanan seperti kwetiau, bakmi dan bihun. Untuk harga varian kopinya kisaran Rp 15.000 – Rp 17.000. Berbagai varian minuman lain seperti es teh manis, dan jeruk juga tersedia.

2. Warung Kopi Solong, Aceh

Warung Kopi Solong menjadi salah satu ikon warung kopi di Aceh. Warung kopi yang telah berdiri sejak tahun 1974, yakni Jasa Ayah-Solong Coffee di Jalan T Iskandar Muda 13-14, Ulee Kareng, Banda Aceh. Aneka racikan kopi yang tersedia di antaranya adalah sanger, yakni kopi susu, kopi sareng, dan kopi hitam.

(Baca juga : Misteri Nama Sanger di Warung Kopi Aceh)

Selain itu, warung kopi in juga menyediakan kopi arabika gayo yak tak kalah nikmat. Warung kopi solong ini berlokasi di di kawasan Simpang Tujung Ulee Kareng, Banda Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.