Hai Mahasiswa! 5 Kota Pilihan untuk Liburan Setelah Sidang Skripsi

Kompas.com - 14/01/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi traveling ShutterstockIlustrasi traveling
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah menyelesaikan skripsi atau tugas akhir, saatnya untuk berlibur. Anda bisa pergi bersama teman atau juga keluarga ke berbagai tempat wisata. 

Berbagai destinasi wisata di Indonesia pun bisa Anda sambangi dengan budget yang tergolong 'kantong mahasiswa'. Penasaran ke mana saja? Berikut KompasTravel himpun 5 kota yang bisa Anda jelajahi setelah sidang skripsi.

Penjual nasi tumpang, Harini (62) menyajikan nasi tumpang di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Nasi tumpang merupakan kombinasi olahan tempe busuk, tahu, dan daun bayam rebus.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Penjual nasi tumpang, Harini (62) menyajikan nasi tumpang di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Nasi tumpang merupakan kombinasi olahan tempe busuk, tahu, dan daun bayam rebus.
1. Solo

Solo sebagai sebuah destinasi punya obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, sejarah, dan budaya dapat ditemui di Kota Solo. Pasar Gede, Pasa Klewer, Lokananta dan Keraton Solo merupakan beberapa spot yang wajib Anda kunjungi.

Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan bersama teman-teman mulai dari berburu batik di kampung batik, mengunjungi objek wisata bersejarah, mencicipi berbagai kuliner-kuliner legendaris di Pasar Gede hingga membeli oleh-oleh di Pasar Klewer.

Yang terpenting yaitu Kota Solo menjadi salah satu destinasi wisata yang relatif terjangkau di kantong mahasiswa.

Pekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).  KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).
2. Yogyakarta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikenal sebagai kota pelajar, kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata sangat cocok di kantong mahasiswa. Karena dijuluki sebagai kota pelajar, otomatis semua biaya hidup di Yogya akan relatif jauh lebih murah dibandingkan kota-kota lain.

Dengan budget yang minim, Anda  akan tetap bisa menjelajahi Kota Gudeg ini bersama teman. Berbagai destinasi wisata seru nan murah bisa Anda sambangi seperti berwisata belanja di Malioboro, menghampiri candi-candi cantik, hingga nongkrong di kafe-kafe murah di Yogyakarta.

Tak ketinggalan, Anda tak boleh melewatkan menyantap makanan khas Yogyakarta seperti  gudeg.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.