Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Warga Negara Ini Sulit Keluar Negeri karena Paspor yang "Lemah"

Kompas.com - 14/01/2018, 15:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa negara di dunia memiliki paspor yang dinilai "lemah" dan kurang berpengaruh. Hal itu karena hanya beberapa negara yang mau memberikannya bebas visa dan akan sulit untuk bepergian.

Di awal tahun 2018, kekuatan atau pengaruh visa ini kembali dirilis oleh salah satu lembaga riset The Henley Passport Index. Lembaga itu memperhitungkan berapa banyak negara yang dapat dikunjungi tanpa mengajukan visa.

Dikutip dari The Telegraph, Sabtu (13/1/2018), hasilnya untuk nilai terendah diduduki oleh beberapa negara yang sedang terlibat konflik. Negara-negara itu Afghanistan, Iraq and Syria. Warga negara mereka hanya bisa masuk ke 24, 27 dan 28 negara tanpa perlu mengurus visa.

Berikut urutan rangking terbawah dari pengaruh paspor negera-negara di dunia, berdasarkan riset The Henley Passport Index:

1. Afghanistan, 24 negara
2. Irak, 27 negara
3. Syria, 28 negara
4. Pakistan, 30 negara
5. Somalia, 32 negara
6. Yaman, 35 negara
7. Nepal, 36 negara
8. Libya, 36 negara
9. Palestina, 37 negara
10. Eritrea, 37 negara.

Sementara itu warga Jerman masih memiliki paspor paling kuat di dunia, mereka dapat melakukan perjalanan tanpa visa ke 177 negara, dari 218.

Dikutip dari laman resmi The Henley Passport Index, peringkat tersebut didasarkan pada data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA), yang mengelola database informasi perjalanan terbesar dan terlengkap di dunia, dan diperkuat oleh penelitian internal yang ekstensif.

   
   
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com