Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata di Bali yang Banyak Dikunjungi Turis

Kompas.com - 14/01/2018, 21:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali sebagai tonggak pariwisata sekaligus pintu gerbang wisata Indonesia selalu menarik untuk dikunjungi. Tak terhitung artis hingga pejabat internasional yang datang untuk berlibur di sana.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Aa Yuniartha mengatakan perkembangan wisatawan yang ke Bali dari tahun ke tahun terus meningkat drastis.

"Kalau kita melihat perkembangan wisatawan yang datang ke Bali dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan," ujarnya saat dihubungi KompasTravel, Jumat (12/1/2018).

(Baca juga : Berkunjung ke Taman Ujung di Karangasem, Bali)

Namun, wisata seperti apakah yang mereka cari? Apa sesungguhnya magnet wisata di Bali, yang paling membuat wisatawan tertarik datang ke sana?

Turis menikmati wisata alam Ceking di kawasan Ubud, Gianyar, yang terkenal dengan pemandangan sawah bertingkat (terasering), Minggu (7/8/2016).
 KOMPAS/RIZA FATHONI Turis menikmati wisata alam Ceking di kawasan Ubud, Gianyar, yang terkenal dengan pemandangan sawah bertingkat (terasering), Minggu (7/8/2016).
AA Yuniartha memaparkan, dari data hasil penelitian Universitas Udayana, Bali, turis senang datang ke Bali faktor utamanya ialah dari budaya.

"Jadi memang budaya kami ini tidak ada duanya di dunia. Jadi pengembangan destinasi disesuaikan dengan budaya kami," tutupnya.

Beberapa hal tersebut lah yang ternyata membuat pariwisata bali semakin hari semakin terus berkembang dan terkenal. Bahkan tidak ada kata bosan untuk mengunjungi Pulau Dewata.

(Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Karangasem, Wajib Mampir Kalau ke Bali!)

Selain itu dari data Dinas Pariwisata Bali, hampir semua lokasi wisata menjadi favorit, atau berbeda tipis pengunjung satu destinasi dengan destinasi lainnya.

Wisatawan surfing di Pantai Kuta KOMPAS.com/SRI LESTARI Wisatawan surfing di Pantai Kuta
Namun, terdapat 10 obyek wisata favorit turis di Bali, yaitu kawasan Kuta, Tanah Lot, Ubud, Pantai Pandawa, Ulundanu, Lovina, Nusa Dua, Sanur, Sangeh, dan Garuda Wisnu Kencana.

Ia membeberkan salah satu trik agar wisata tersebut terus populer, dan tidak ditinggal wisatawan ialah dengan terus melakukan sales mision.

"Kami juga melakukan promosi ke Eropa, Asia Pasific, Australia, India, Asean. Mereka itu adalah pangsa pasar Bali. Selain itu industri pariwisata Bali juga melakukan secara mandiri sales mision ke beberapa negara pangsa pasar kita," ujarnya.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com