Kompas.com - 16/01/2018, 22:15 WIB
The Museum of Selfies, museum bertema swafoto di Amerika Serikat. The Museum of SelfiesThe Museum of Selfies, museum bertema swafoto di Amerika Serikat.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

 JAKARTA, KOMPAS.com - The Museum of Selfies akan dibuka di California, Los Angeles, Amerika Serikat, Februari mendatang. Museum yang khusus menampilkan koleksi bertema swafoto ini akan menjadi pop up museum. Alias hanya dibuka dalam waktu singkat, dari 17 Februari 2018 - 17 April 2018.

"Hubungan antara manusia dan seni kini telah berubah. Sekarang masyarakat tidak ingin menjadi konsumen yang diam, mereka ingin menjadi bagian dari seni itu sendiri," kata Cofounder The Museum of Selfies, Tommy Honton.

Nantinya The Museum of Selfies akan menampilkan seni, budaya, dan ilmu pengetahuan yang merepresentasikan diri sendiri.

(Baca juga : Dilarang Selfie di Gerbang Tol Salatiga, Ini Spot yang Lebih Aman)

Honton membocorkan salah satu koleksi istimewa adalah kursi singgasana yang terbuat dari tongkat swafoto, beda tipis dengan kursi di serial Game of Thrones. Kursi ini bahkan didaftarkan untuk masuk Fuinness Book of World Records.

Ada juga area yang didedikasikan untuk narsisme dan sejarah melukis diri sendiri yang telah terjadi 40.000 tahun lalu.

 

We may not have been around long but we still had to see what our #2017bestnine were! Looking forward to catching some “in museum “ selfies with all of you in the new year! ???? #themuseumofselfies #beyourselfie #findyourselfie #loveyourselfie

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

A post shared by Museum of Selfies (@themuseumofselfies) on Dec 29, 2017 at 10:50am PST

Tak hanya untuk hiburan, The Museum of Selfies juga akan mendidik pengunjung dengan menampilkan efek negatif dari swafoto. Ada zona dedikasi khusus bagi orang yang meninggal atau kecelakaan karena mencoba swafoto.

Tiket The Museum of Selfies akan dijual dengan harga 25 dollar AS atau setara dengan Rp 325.000. Museum ini cocok untuk semua usia, dengan anak di bawah tiga tahun gratis tiket masuk.

(Baca juga : Lagi Hits di Semarang, Selfie di Kampung Werno Bejelan)

Swafoto tampaknya menjadi tema menarik untuk pameran seni. Tahun lalu The Saatchi gallery’s di London menggelar pameran “From Selfie to Self-Expression”.

Pameran tersebut menampilkan potret pribadi dari seniman dan tokoh ternama. Seperti Vincent van Gogh, Rembrandt, Barack Obama, David Cameron, dan Benedict Cumberbatch.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.