Mamam Yuk! Ini 3 Kuliner Wajib Coba di Kampung Halaman Jokowi - Kompas.com

Mamam Yuk! Ini 3 Kuliner Wajib Coba di Kampung Halaman Jokowi

Kompas.com - 17/01/2018, 22:00 WIB
Suasana Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Sukarta atau dikenal juga Solo, Jawa Tengah beberapa tahun belakangan banyak disorot lantaran menjadi tempat kelahiran Presiden RI, Joko Widodo. Kota ini juga menjadi lokasi perhelatan pernikahan putra dan putri Jokowi yang diliput oleh media nasional sampai internasional.

Selain terkenal sebagai kampung halaman Jokowi, Solo juga memiliki pesona pariwisata. Wisata budaya dan wisata kuliner jadi keunggulan Solo. Di kota tersebut, banyak kuliner yang menggugah selera, dengan harga terjangkau.

Kemampuan orang Solo untuk mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang lezat patut diacungi jempol. Tertarik dengan kuliner solo, KompasTravel menjajal kuliner di sana selama dua hari penuh. Semuanya dirangkum dalam liputan video ' Mamam Yuk!' yang terbagi dalam dua episode.

Berikut adalah kuliner Solo yang terangkum dalam episode pertama 'Mamam Yuk! Kuliner Kampung Jokowi.

Timlo Sastro di Solo, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ Lulu Cinantya Mahendra Timlo Sastro di Solo, Jawa Tengah.

1. Timlo Sastro

Hidangan legendaris buatan mendiang Pak Sastro, yang pertama kali dijual tahun 1952 menjadi hidangan wajib coba di Solo. Warung makan Timlo Sastro berada di Jalan Kapten Mulyadadi Nomor 8, persis di belakang Pasar Gede.

Timlo merupakan hidangan sup segar yang dipenuhi suwiran ayam, sosis solo, telur pidang, hati, dan ampela ayam. Timlo Sastro buka dari pukul 06.30 sampai 15.00 WIB, satu mangkuk dihargai Rp 25.000.

2. Bestik Pak Pur

Kalau di negara Barat ada steik, di Solo ada bestik. Penasaran? Melajulah ke Jalan Yos Sudarso. Disana ada Bestik Harjo dan Bestik Pak Pur. Bestik tidak seperti steik yang dimasak dengan cara dibakar. Bestik dimasak dengan cara ditumis dengan kuah yang manis dan gurih.

Selain daging sapi, pilihan lain adalah lidah, brutu ayam, hati, ampela, dan uritan (bakal telur). Harga bestik berkisar Rp 20.000- Rp 30.000 tergantung pemilihan bahan untuk bestik. Bestik identik dengan hidangan malam hari.

3. Susu Shi Jack

Shi Jack menjadi ikon kedai susu kaki lima di Solo. Saat ini memiliki lebih dari 10 cabang yang tersebar di seluruh Solo. Dengan 50 pilihan racikan susu, nama menu yang 'nyeleneh', dan harga yang bersahabat Shi Jack memang jadi warung idola di malam hari.

Shi Jack beroperasional dari pukul 18.00 sampai pukul 00.30 WIB. Ada cabang di Jalan Radjiman, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya aneka susu segar yang diracik dengan berbagai campuran, Shi Jack juga menjajakan makanan ringan seperti aneka sate dan gorengan.

Yuk tonton kunjungan ke tiga detinasi kuliner tersebut di video 'Mamam Yuk!' berikut ini


EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X