7 Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Liburan Musim Dingin di Eropa

Kompas.com - 19/01/2018, 20:00 WIB
Pegunungan Alpen, Swiss. (Alamy via The Guardian) Pegunungan Alpen, Swiss. (Alamy via The Guardian)

JAKARTA, KOMPAS.comMusim dingin di Eropa tentu menggoda para wisatawan untuk menikmati keindahan alam, beberapa festival, juga aktivitas lainnya yang hanya bisa dilakukan saat musim dingin.

Nah, sebelum Anda sampai di Eropa menikmati musim dingin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti yang dihimpun KompasTravel berikut ini.

Winter Wonderland merupakan salah satu festival yang paling diburu di London pada musim dingin.hydeparkwinterwonderland.com Winter Wonderland merupakan salah satu festival yang paling diburu di London pada musim dingin.
Persiapkan kesehatan Anda

Khususnya wisatawan asal Indonesia, tentu belum terbiasa dengan cuaca yang di negara bermusim dingin. Oleh sebab itu, hal utama yang harus diperhatikan adalah kesehatan.

Pastikan Anda dalam kondisi tubuh yang baik. Selain itu juga, jangan lupa antisipasi membawa obat-obatan pribadi.

Fashion Musim Dingin Pria Fashion Musim Dingin Pria
Pakaian berlapis

Pakaian pun tak luput dari perhatian. Usahkan bawa busana khusus musim dingin. Tak jarang Anda pun harus menggunakan pakaian berlapis.

Anda bisa gunakan long john atau baju dalam ketat untuk membuat tubuh lebih hangat. Kemudian dilapisi baju biasa kemudian ditambah jaket atau sweatear. Lalu, juga bisa kenakan coat dan syal.

Berkendara sepeda motor mulai marak pasca musim dingin di Eropa.www.ski-epic.com Berkendara sepeda motor mulai marak pasca musim dingin di Eropa.
Pakai aksesoris musim dingin

Untuk mengurangi dingin pada tubuh, tak ada salahnya menggunakan aksesoris lainnya. Beberapa diantaranya yang sebaiknya digunakan yaitu earmuff atau penutup telinga yang digunakan seperti headphone. Kemudian, topi musim dingin atau beanie, dan juga sarung tangan.

Di bagian kaki, sebaiknya Anda juga memakai kaus kaki berlapis dilengkapi dengan sepatu yang lebih tebal.

Menggunakan pelembab untuk mencegah kulit keringTomwang112 Menggunakan pelembab untuk mencegah kulit kering
Gunakan pelembab

Bila Anda berada di tempat yang dingin, seringkali membuat kulit menjadi lebih kering. Sehingga jangan sampai lupa untuk membawa dan menggunakan pelembab.

Misalnya saja lip balm untuk bagian bibir agar bibir tidak pecah-pecah, pelembab untuk wajah, dan juga losion untuk dioleskan ke tubuh Anda.

Kapel yang terbuat dari salju di Perkampungan Sosnovka. AP PHOTO Kapel yang terbuat dari salju di Perkampungan Sosnovka.
Pilih wisata yang sesuai dengan kondisi Anda

Melihat pentingnya kondisi tubuh, apabila kondisinya tubuh normal, maka Anda bisa memilih destinasi yang lebih dingin dan aktivitas yang banyak. Contohnya saja bermain ski, atau pun berendam di air panas.

Namun, jika kondisi tubuh tidak mendukung, maka bisa mencari aktivitas lainnya untuk sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan kota.

Seperti halnya berkunjung ke museum-museum di Eropa yang begitu menarik. Anda pun bisa menghangatkan diri di sana karena terdapat penghangat ruangan di dalam museum.

Grand Place di Brussels, Belgia.NOVA DIEN Grand Place di Brussels, Belgia.

Lakukan pemesanan dari jauh hari

Antisipasi tidak mendapatkan penginapan, sebaiknya Anda sudah memesannya dari jauh hari, termasuk akomodasi. Hal tersebut juga lebih baik dilakukan, sebab di musim dingin tak menutup kemungkinan akan banyak wisatawan yang datang.

 

Alternatif transportasi

Untuk transportasi, sebaiknya Anda bisa menyiapkan alternatif lainnya. Selain pesawat yang batal terbang atau pun terlambat disebabkan cuaca buruk. Nah, alternatif trasnportasi yang bisa Anda gunakan dari negara satu ke negara lainnya di Eropa adalah kereta.

 



EditorWahyu Adityo Prodjo

Close Ads X