Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Wisata Alam Telaga Rawa Gede Bogor?

Kompas.com - 21/01/2018, 20:55 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Telaga Rawa Gede merupakan wisata alam di Kabupaten Bogor yang belum banyak dijamah wisatawan. Padahal keindahannya berada di tengah perbukitan, sawah, dan curug yang asri.

Suasana yang tersaji amat sejuk, mirip di kawasan puncak dengan dinginnya angin yang berembus kencang. Bunyi kolecer di puncak-puncak bukit pun menghiasi pendengaran akibat hembusan angin sejuk yang tak heti-hentinya.

(Baca juga : Telaga Rawa Gede, Kesejukan yang Dibalut Keindahan Alam Bogor)

Meski masih terus dibangun oleh warga setempat, tapi sudah banyak hal yang bisa dilakukan di sini, yakni:

1. Mengarungi Danau

Anda bisa mengarungi danau dengan kapal motor. Kapal motor yang ada sengaja disewakan, untuk wisatwan, dengan Rp 10.000 per orang untuk sekitar 25 menit perjalanan. Mengitari pulau-pulau rawa kecil di dalam danau tersebut.

2. Memancing dan Memberi Makan

Menelusuri danau dengan perahu yang disewakan warga, menjadi salah satu atraksi wisata di Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Menelusuri danau dengan perahu yang disewakan warga, menjadi salah satu atraksi wisata di Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Danau alami ini memiliki banyak ikan, yang bisa jadi atraksi wisata. Anda bisa memancingnya dengan pancingan yang dibawa sendiri. Sayangnya warung-warung warga sekitar belum menyewakan fasilitas pancingan, hanya beberapa warga saja yang membawanya sendiri.

Selain itu juga sembari mengarungi danau dengan kapal warga, bisa juga sembari memberi makan ikan. Umpan dan pakan ikan dijual mulai Rp 3.000 - Rp 5.000, di warung-warung warga sekitar danau.

3. Berenang di Bawah Curug Kecil

Air terjun mini, atau curug Rawa Gede jadi salah satu wahana wisata di dalam Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Air terjun mini, atau curug Rawa Gede jadi salah satu wahana wisata di dalam Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di sisi danau ini terdapat curug kecil yang airnya ditampung dalam kolam renang. Anda bisa berenang ataupun sekadar berendam di curug kecil ini. Airnya amat segar, dan dingin karena langsung dari pegunungan Puncak, Bogor.

4. Bersantai di Tengah Sejuk dan Indahnya Perbukitan

Suasana yang amat tenang dan penuh pepohonan disekeliling Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana yang amat tenang dan penuh pepohonan disekeliling Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menikmati keheningan di tengah keindahan alam Telaga Rawa Gede merupakan hal yang paling nikmat dilakukan di sini. Karena selain keindahan alamnya, wisata ini amat tenang wisatawannya pun tidak membeludak.

Anda bisa menggunakan hammock bergantung di antara pepohonan pinus atau sekadar bersandar di bebatuan pinggir danau, menghilangkan penatnya keseharian di perkotaan.

5. Berkemah

Camping atau berkemah jafi salah satu pilihan terbaik menikmati Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Camping atau berkemah jafi salah satu pilihan terbaik menikmati Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tak terbayang serunya berkemah di tempat indah seperti Rawa Gede. Sumber air yang dekat, suasana alam yang asri dan sejuk membuat aktivitas berkemah bersama teman terasa mengasyikkan.

Untuk berkemah, Anda pelu membawa peralatan sendiri untuk saat ini. Karena warga sekitar belum menyewakan peralatan kemah untuk wisatawan. Biaya yang dikenakan untuk berkemah sebesar Rp 15.000 per tenda, dan Rp 7.000 per orangnya.

6. Hunting Spot Selfie

Salah satu spot selfie yang dibuat warga di Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu spot selfie yang dibuat warga di Telaga Danau Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Karang taruna Desa Sirna Jaya yang dipercaya mengelola kawasan wisata ini, membangun beberapa spot selfie untuk wisatawan. Di antaranya di sekitar curug kecil, berupa taman-taman bunga.

Selain itu juga banyak sudut-sudut menarik untuk dijadikan latar berfoto, seperti pesawahan sayuran, spot jembatan air mancur, hingga di kapal-kapal warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com