5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Kompas.com - 22/01/2018, 15:26 WIB
Wisatawan sedang menikmati wilayah Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah yang jadi kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Nusa Tenggara Barat. Selain Mandalika, masih ada 9 titik destinasi wisata prioritas yang dimiliki Indonesia.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisatawan sedang menikmati wilayah Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah yang jadi kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Nusa Tenggara Barat. Selain Mandalika, masih ada 9 titik destinasi wisata prioritas yang dimiliki Indonesia.

KOMPAS.com - Berada tak jauh dari pulau dewata menjadikan Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu destinasi wisata yang semakin populer dan berkembang. Serupa dengan Bali, Lombok juga menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pantai, pulau, bukit, bahkan gunung api tertinggi kedua di Indonesia.

Dari sisi budaya, Lombok pun tak kalah saing dengan Desa Adat yang warganya masih menjalani ritual upacara dan melestarikan budayanya hingga sekarang.

Pastikan Lombok masuk ke rencana berlibur Anda tahun ini, berikut ulasan 5 destinasi esensial yang wajib Anda kunjungi saat di Lombok.

Beberapa wisatawan berjalan di Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA Beberapa wisatawan berjalan di Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

1. Pantai Tanjung Aan

Pantai yang berada di daerah selatan Lombok ini memiliki keunikan yaitu tekstur pasirnya unik menyerupai biji merica. Area sekitarnya dikelilingi pepohonan yang rimbun dan bukit-bukit yang bisa Anda daki untuk melihat area pantai dari ketinggian.

(Baca juga : Sekeping Surga di Mandalika)

Selain mendaki bukit, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, bersantai di pinggir pantai, bahkan berselancar.

Jika datang ke sini pada bulan Februari, Anda dapat menyaksikan ritual Bau Nyale yaitu mencari cacing laut yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai reinkarnasi Puteri Mandalika.

Gunung Rinjani (belakang) terlihat dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Gunung Rinjani (belakang) terlihat dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani.

2. Gunung Rinjani

Salah satu ikon wisata alam di Lombok yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl). Walaupun treknya terhitung berat, tapi jangan takut karena ada banyak tur operator yang dapat membantu Anda mendaki Gunung Rinjani dan melihat keindahan gunung ini.

(Baca juga : Kasus Pendaki Memetik Edelweis, Ini Komentar Kepala TN Gunung Rinjani)

Sepanjang perjalanan, mata Anda dimanjakan dengan hamparan pepohonan hutan hujan dan savana luas lengkap dengan Edelweis.

Di tengah perjalanan menuju puncak, Anda juga dapat beristirahat di Danau Segara Anak yang airnya berwarna kebiru-biruan dan berkilau terkena sinar matahari.

3. Bukit Merese
 
Berbeda dengan Rinjani, tidak memerlukan banyak usaha melewati trek yang sulit untuk sampai di atas bukit dan menikmati hamparan pantai yang bisa dilihat dari sini.

Bukit Merese ini adalah salah satu spot terbaik untuk menunggu matahari terbenam di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan nuansa eksotisnya.TAMASYEAH.COM Bukit Merese ini adalah salah satu spot terbaik untuk menunggu matahari terbenam di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan nuansa eksotisnya.
Cukup berjalan mendaki sebentar dan Anda bisa langsung melihat pemandangan garis Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung. Duduk di atas rerumputan dengan suara ombak dan semilir angin, dijamin membuat Anda betah berlama-lama disini.

Apalagi, Bukit Merese ini adalah salah satu spot terbaik untuk menunggu matahari terbenam di Lombok dengan nuansa eksotisnya. Bisa jadi pengalaman tak terlupakan!

Halaman Berikutnya
Halaman:


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X