Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Indonesia Jadi Pasar Terpenting Bandara Changi

Kompas.com - 24/01/2018, 06:42 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.comRitel di Bandara Changi Singapura pada tahun 2017 mengalami peningkatan penjualan dibandingkan tahun sebelumya. Pertumbuhan tersebut didukung dengan adanya program tahunan “Be A Changi Millionaire”.

Executive Vice President of Commercial at Changi Airport Group (CAG), Lim Peck Hoon, mengatakan ritel juga mengambil peran penting dalam Bandara Changi. Keuntungan dari ritel pun membantu menurunkan biaya penerbangan agar tetap kompetitif untuk maskapai penerbangan.

“Pertumbuhan lalu lintas udara membuat lebih banyak wisatawan mengetahui penawaran ritel Changi. Kami ingin berterima kasih kepada para penumpang atas dukungan yang diberikan dan kepercayaan akan penawaran belanja Changi, dan kami akan tetap berusaha untuk membuat pengalaman berbelanja di Changi menjadi lebih menarik untuk tahun-tahun ke depan,” kata Lim dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Minggu (21/1/2018).

(Baca juga : Cerita Oddie Rehatta, Pemenang Undian Rp 10 Miliar di Bandara Changi)

Ia menjelaskan pelanggan dengan pembelanjaan terbanyak di Bandara Changi merupakan penumpang dari China, Singapura, Indonesia, India, dan Inggris.

Ritel di Bandara Changi Singapura, Selasa (18/7/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Ritel di Bandara Changi Singapura, Selasa (18/7/2017).
Sementara itu, General Manager Advertising, Marketing, and Promotion CAG, Edwin Lim Shu Jie mengatakan Indonesia masuk ke dalam tiga negara yang paling sering berbelanja di ritel Bandara Changi.

“Indonesia menjadi tiga negara tertinggi (transaksi belanja di Bandara Changi). Sekitar 16 persen itu adalah partisipan asal Indonesia. Dengan demikian, Indonesia juga merupakan market yang sangat penting untuk kami,” kata Edwin saat ditemui di Bandara Changi, Singapura, Sabtu (20/1/2018).

Edwin mengatakan, biasanya penumpang dari Indonesia mencari barang-barang tertentu. Barang yang dicari tiap-tiap warga negara memiliki selera yang berbeda. Akan tetapi yang seringkali dibeli oleh orang Indonesia di Bandara Changi yakni minuman, cokelat dan kosmetik.

Pada tahun 2017, warga negara Indonesia membeli 656.000 botol minuman, 616.000 kotak cokelat dan 291.000 produk kecantikan.

Ritel di Bandara Changi Singapura, Selasa (18/7/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Ritel di Bandara Changi Singapura, Selasa (18/7/2017).
Bandara Changi Singapura selama tahun 2017 tercatat sebanyak 57 transaksi dengan rata-rata 158.000 transaksi setiap hari. Parfum, kosmetik, dan minuman serta tembakau menempati peringkat tertinggi sebagai kategori produk yang paling diminati. Kemudian diikuti dengan barang mewah, elektronik dan perangkat, cokelat permen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com