Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Ini Cara Terbaru Pemerintah Thailand Tarik Turis China

Kompas.com - 24/01/2018, 16:42 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Tahun 2017 wisatawan asal China ke Thailand tumbuh drastis, terutama di segmen-segmen wisata tertentu. Alhasil, di tahun 2018, Kementerian Pariwisata Thailand mengganti cara promosi mereka untuk lebih memaksimalkan potensi tersebut.

"Di luar dugaan, wisatawan asal China di tahun 2017 tumbuh amat pesat, lebih dari 30 persen. Uniknya hanya di segmen tertentu, dan ternyata khusus untuk wisatawan wanita," terang Deputy Governor of Marketing Communication Thailand, Tanes Petsuwan sebelum diselenggarakannya Asian Tourism Forum (ATF) 2017, di Chiang Mai, Thailand, Rabu (24/1/2018).

Ia menyatakan untuk strategi promosi di 2018 khusus untuk wisatawan asal China akan menggunakan strategi baru. Hal tersebut diberlakukan seusai hasil riset di tahun 2017 lalu.

Menurutnya, hasil menunjukan bahwa kenikan 30 persen wisatawan asal China ke Thailand berasal dari traveler wanita. Kenaikan pun terjadi di wisata-wisata yang akrab dengan wanita, seperti wisata belanja.

Pemandangan Kuil Wat Arun di Bangkok, Thailand.NOVA DIEN Pemandangan Kuil Wat Arun di Bangkok, Thailand.
Selain itu, mayoritas wisatawan muda yang sangat digital. Mereka banyak yang pertama kali datang ke Thailand dengan mengandalkan informasi dari gawai mereka, dan sedikit berbeda dari wisatawan China di tahun-tahun sebelumnya.

"Kini mayoritas mereka yang muda lebih fasih berbahasa Inggris, sehingga dapat lebih lancar berkomunikasi dengan warga Thailand. Juga amat digital, karena merupakan usia muda," tuturnya.

"Khusus (wisatawan) China, kita akan kembangkan lebih giat lagi ke sektor digital. Kita akan maksimalkan digitalisasi, di ranah-ranah yang mereka sukai. Informasi wisata Thailand harus sampai ke gawai-gawai mereka," kata Tanes Petsuwan.

Selain itu, pihak Tourism Authority of Thailand (TAT) juga akan lebih mempromosikan wisata-wisata yang didominasi wanita. Seperti wisata belanja, wisata kecantikan, juga gastronomi.

Deengan memaksimalkan itu semua tangan perwakilan TAT China, ia berharap wisatawan China akan lebih tumbuh melebihi 30 persen di tahun 2018.

Tahun 2018 menjadi babak baru promosi pariwisata Thailand. Selain mengeluarkan kampanye pemasaran baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com