Kompas.com - 25/01/2018, 09:01 WIB
Para perwakilan Kementerian Pariwisata se-ASEAN merayakan 50th anniversary berdirinya organisasi regional tersebut, di Thailand, saat acara ATF 18-20 Januari 2017. Para perwakilan Kementerian Pariwisata se-ASEAN merayakan 50th anniversary berdirinya organisasi regional tersebut, di Thailand, saat acara ATF 18-20 Januari 2017.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Asian Tourism Forum (ATF) 2018 resmi dibuka di kawasan wisata Royal Flora Ratchaphuek, Provinsi Chiang Mai, Thailand, Rabu (24/1/2017) malam.

Pembukaan forum pariwisata terbesar Asean ini dihadiri oleh menteri pariwisata dari 10 anggota Asean, juga dari beberapa tamu kenegaraan seperti Jepang, dan Rusia.

Semua perwakilan tersebut membuka acara dengan cara bergandengan tangan, dipimpin oleh Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Kobkarn Wattanavrangkul.

(Baca juga : Spa dan Minuman Tradisional Indonesia Pikat Pengunjung Travex ATF di Singapura)

Ia mengatakan acara ini merupakan salah satu motor penggerak kenaikan pertumbuhan pariwisata Asean setiap tahunnya.

"ATF terutama TRAVEX Travel Mart, memang jadi salah satu kunci sukses kenaikan pariwisata Asean. Di tahun kemarin bahkan hingga 10 persen, menjadi yang tertinggi di dunia," ujarnya saat pembukaan ATF 2018.

ASEAN Tourism Forum 2017, 18-20 Januari di Singapura. ASEAN Tourism Forum 2017, 18-20 Januari di Singapura.

ATF tahun ini digelar mulai 22-26 Januari 2018, di Chiang Mai International Exhibition and Convention Centre (CMECC). Bertepatan dengan usia ASEAN ke 51, tema yang diangkat untuk ATF kali ini ialah "Sustainable Connectivity, Boundless Prosperity”.

Selain itu, Goovernor Tourism Authority of Thailand (TAT) Yuthasak Supasorn juga berharap transaksi ratusan juta USD hadir dari acara TRAVEX tersebut. Sehingga target Asean menjadi kesatuan destinasi unggulan dunia tercapai di 2025 nanti.

(Baca juga : Indonesia Ikuti Travex ATF 2017 di Singapura)

"Selamat menikmati rangkaian acara yang kami buat, mulai dari ceremonial opening, pameran wisata, media famtrip, confrance, hingga TRAVEX travel mart," ucapnya.

ATF merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah tiga negara di Asia yakni China, India, dan Korea.

Kementerian Pariwisata membawa 42 industri pariwisata Indonesia yang terdiri dari unsur travel agent/travel operator, hotel, dan atraksi yang berasal dari dari destinasi unggulan di Indonesia. Provinsi Palembang, Sumatera Selatan juga ikut terlibat sebagai penyelenggara Asian Games 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.