Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Para Dubes Uni Eropa Usai Keliling Kampung Pelangi Semarang

Kompas.com - 25/01/2018, 17:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.comDuta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Guérend bersama 12 duta besar negara lain di Eropa memuji keindahan Kampung Pelangi, di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pujian itu dilontarkan setelah mereka mengelilingi kawasan wisata itu pada Rabu (24/1/2018) kemarin.

Dubes Vincent bersama 12 dubes negara-negara Eropa lainnya mengelilingi kampung itu dengan berjalan kaki. Sebelum berjalan menyusuri gang-gang, rombongan mendapat pemaparan soal pembentukan Kampung Pelangi.

(Baca juga : Kampung Pelangi Semarang Kini Punya Gardu Pandang dan Pusat Kuliner)

Setelah itu, mereka berkeliling ria. Mereka menyusuri rumah bercat warna-warni dari satu gang ke gang lainnya. Jalanan menanjak di Bukit Brintik tidak menjadi kendala.

Di sela perjalanan, mereka banyak mengabadikan momen dengan gawai yang dibawa. Tidak sedikit pula warga setempat yang minta foto dari rombongan dari Uni Eropa tersebut, dan sekedar beramah tamah.

Duta Besar Negara-Negara Eropa mengunjungi Kampung Pelangi Semarang, Rabu (24/1/2018)Kompascom/Nazar Nurdin Duta Besar Negara-Negara Eropa mengunjungi Kampung Pelangi Semarang, Rabu (24/1/2018)

Vincent Guérend mengatakan, kedatangannya di Kampung Pelangi untuk melihat perubahan di tengah masyarakat Kota Semarang. Kedatangannya juga untuk menjalin kemitraan sister city dengan Kota Semarang.

“Kunjungan ini sifatnya permulaan dan kita tanda tangan Letter of Content untuk peluang kerjasama dengan Semarang,” kata Guérend.

(Baca juga : Turis Inggris Ini Terpesona dengan Kampung Pelangi di Semarang)

12 duta besar negara Eropa yang hadir yaitu Duta Besar Austria Helena Steinhaus, Duta Besar Belgia Patrick Herman, Duta Besar Kroasia Drazen Margeta, Duta Besar Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen, Duta Besar Jerman Michael Freiherr von Ungern-Strenberg, Duta Besar Yunani Georgios Dogoritis, Duta Besar Irlandia Kyle O’Sullivan, dan Duta Besar Italia Vittorio Sandalli.

Duta Besar Kroasia Drazen Margeta menambahkan, pihaknya semula tidak pernah membayangkan untuk dapat mengunjungi Semarang. Namun, pandangannya soal Semarang berubah ketika melihat sisi ibu kota Jawa Tengah itu.

Menurut dia, Semarang tidak jauh berbeda dengan kota di negaranya, Zagreb. Di negaranya, indeks kebahagiaan warganya juga beragam.

Taman Kasmaran di Kampung Pelangi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (8/1/2018).Kompascom/Nazar Nurdin Taman Kasmaran di Kampung Pelangi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (8/1/2018).

“Dulu tidak terbayangkan sama sekali sampai Semarang. Saya pikir kesamaan dengan Zagreb tidak ada kesamaan. Tapi ternyata banyak samanya, keluarga bahagia sama, tak bahagia juga sama,” ujarnya.

Sebanyak 391 rumah di bukit Brintik di Kelurahan Kalisari itu dicat warna-warni sejak 2017 lalu.

(Baca juga : Kampung Pelangi Mendunia, Pemkot Semarang Tambah Panggung Swafoto)

Menurut Sekretaris Dinas Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Kota Semarang M Irwansyah, 391 rumah saat ini telah diubah bentuk rumahnya. Seluruh komponen ikut terlibat dalam proses perbaikan itu.

Kawasan di Bukit Brintik dulunya dikenal kumuh, tetapi seiring waktu wilayah ini bersih dan menjadi tujuan wisata. Penataan kampng pelangi juga disertai dengan normalisasi Kali Semarang, penataan pusat kulinerhingga taman pandang bernama Taman Kasmaran.

“Wali Kota tahu yang pertama bukan Semarang, tapi beliau ingin mengubah kampung kumuh jadi lebih sehat, itu saja,” paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com