Kompas.com - 25/01/2018, 17:15 WIB
|
EditorHeru Margianto


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu menu baru yang disediakan oleh Citilink Indonesia adalah Nasi Ikan Arsik Sibolga. Menu makanan ini sudah dapat dipesan dan disantap dalam penerbangan di ketinggian 35.000 kaki.

“Salah satu menu yang direkomedasikan adalah Nasi Ikan Arsik Sibolga. Menu ini makanan khas Indonesia dari Medan, Sumatera Utara yang biasanya disajikan pada event-event spesial,” kata Vice President Cargo and Ancillary Revenue, Benny Rustanto di Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Ia menjelaskan, pemilihan Nasi Ikan Arsik Sibolga sebagai menu rekomendasi Citilink Indonesia merupakan salah satu bentuk dukungan nyata dalam mempromosikan kuliner khas Sumatera Utara yang menjadi salah satu destinasi wisata prioritas Pemerintah Indonesia.

“Menu nasi ikan arsik Sibolga inimemiliki cita rasa dan bumbu yang berbeda. Selain itu juga menu yang tidak terlihat (kurang diketahui masyarakat luas), sehingga kita angkat dalam menu pilihan,” kata dia.

Sementara itu, Executiv Manager Menu Development PT Aero Food, Ahmad Yusuf menjelaskan, jika di Sumatera Utara biasanya menu ini menggunakan ikan mas, tetapi dalam Citilink Indonesia, ikan yang digunakan adalah ikan dori.

“Arsik itu kan bumbu, ini di Medan bisa digunakan untuk segala macam makanan. Kebanyakan orang menggunakan ikan mas. Akan tetapi, menghindari bahaya tersedak duri, akhirnya diganti dengan ikan tanpa duri, yakni ikan dory dan semua difillet,” kata Yusuf.

Menurut dia, dengan ikan yang berbeda, kemungkinan ada sedikit perubahan rasa. Namun, tekstur ikan dory lanjut Yusuf, lebih lembut dan creamy saat disantap.

Sementara, bumbu arsik sendiri, lanjut dia, terdiri dari kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, dan yang membedakan adalah andaliman.

“Andaliman ini agak asam, tetapi diganti dengan asam jawa yang lebih mudah didapatkan. Rasanya sendiri akan ada rasa asam, manis, dan rasa dari santannya,” tambah Yusuf.

Dengan ditambahkannya menu Ikan Arsik dalam inflight menu Citilink Indonesia, diharapkan para penumpang bisa menikmati pengalaman unik akan kelezatan kuliner Sumatera Utara ini yang tersedia di seluruh penerbangan Citilink Indonesia.

Sementara itu, beberapa menu baru lainnya diantaranya Nasi Campur Bali, Nasi Kuning Cakalang Manado, dan Nasi Ayam Tangkap Aceh. Lalu menu khusus untuk anak-anak yaitu Nasi Goreng Dino (chicken nugget).

Menu lainnya, vegetarian Stir Fried Tofu, Nasi Goreng Spesial, Spaghetti Bolognaise dan Chicken Teriyaki.

Harganya Rp 55.000 per porsi. Anda bisa memesannya setelah berada di dalam pesawat. Harga promo berlaku jika Anda memesan sebelum keberangkatan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.