Kompas.com - 26/01/2018, 15:37 WIB
Self check in kiosk di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, dihiasi dengan karakter Sanrio family. KOMPAS.COM/NURSITA SARISelf check in kiosk di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, dihiasi dengan karakter Sanrio family.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

 SINGAPURA, KOMPAS.com – Terminal 4 Bandara Changi, Singapura telah dioperasikan sejak akhir Oktober 2018. Di terminal ini para penumpang ditawarkan sistem Fast and Seamless Travel (FAST) yaitu pelayanan mandiri saat tiba maupun saat keberangkatan.

Pantauan KompasTravel, dari total sembilan maskapai, yang telah menerapkan sistem FAST ini baru Air Asia Group dan Cathay Pasific. Hal tersebut pun dibenarkan oleh Corporate Communications Manager Changi Airport Group, Julia Jemangin.

“Iya yang otomatis menggunakan FAST ini baru Air Asia dan Cathay Pasific, sisanya masih konvensional,” kata Julia kepada KompasTravel, di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, Minggu (21/1/2018).

(Baca juga : Sembilan Maskapai Bakal Beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi)

Adapun sistem layanan mandiri yang dapat dilakukan seperti halnya check-in, drop-bagage, imigrasi, dan asrama. Maskapai yang telah beroperasi di terminal empat Bandara Changi Singapura antara lain, Korean Air, Spring Air, Vietnam Airlines, Cebu Pasific, Cathay Pacific, dan Air Asia Group (4 maskapai).

Sementara itu, saat penumpang masuk ke Terminal 4 keberangkatan, maka akan langsung melihat deretan mesin berbentuk oval.

Terminal 4 Bandara Internasional Changi Airportchangiairport.com Terminal 4 Bandara Internasional Changi Airport
Nah, mesin tersebut merupakan mesin layanan mandiri dan tempat para penumpang melakukan self check-in. Sehingga, para penumpang yang akan berangkat dari Terminal 4 menggunakan maskapai Air Asia dan Cathay Pasific pun melakukan self check-in.

Ketika itu, beberapa penumpang  pun terlihat masih kebingungan melakukan layanan check-in sendiri. Tenang saja, meski layanan mandiri ini sudah diterapkan, tetapi masih ada beberapa petugas di sana yang siap membantu para penumpang.

Begitu pula dengan layanan mandiri untuk drop baggage, apabila penumpang kesulitan maka akan ada petugas yang membantu mereka.

(Baca juga : Luas Terminal 4 Bandara Changi Singapura Setara 27 Lapangan Bola)

Kendati demikan, untuk maskapai lainnya, seperti Korean Air, Spring Air, Vietnam Airlines, Cebu Pasific masih melakukan layanan seperti biasanya. Penumpang diharuskan antre untuk melakukan check-in di counter sekaligus menyimpan bagasi.

Adapun bangunan Terminal 4 Bandara Changi memiliki dua lantai dengan total area seluas 225.000 meter persegi. Bangunan tersebut pun dipercantik dengan desain yang sama pada bagian detil-detil atap dan lantai bangunan hingga kursi-kursi di dalam Terminal 4 Bandara Changi.

Terminal 4 Bandara Changi bakal menambah kapasitas sebanyak 16 juta penumpang per tahun. Dengan tambahan tersebut, kapasitas total penanganan Bandara Changi menjadi 82 juta penumpang per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.