Selain Rendang, Ini 6 Kuliner Khas Padang yang tak Kalah Nikmat!

Kompas.com - 28/01/2018, 12:00 WIB
Banyak gerai masakan padang di Pasar Benhil, yang buka mulai pukul 14.00 WIB. Kompas.com/Sri Anindiati NursastriBanyak gerai masakan padang di Pasar Benhil, yang buka mulai pukul 14.00 WIB.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika membahas kuliner khas Padang, rendang menjadi salah satu kuliner ikonik yang dimiliki kota Padang. Masalah cita rasa, rendang memang juaranya. Pasalnya, kuliner satu ini pernah dinobatkan sebagai kuliner terenak di dunia versi CNN.

Namun tak hanya rendang, kuliner-kuliner padang yang lain juga tak kalah membuat lidah Anda ketagihan. Kuliner dari Padang memang cukup kental dengan rempah-rempah serta cita rasa pedasnya yang cukup melekat.

Berikut KompasTravel himpun empat kuliner Padang yang tak kalah nikmat :

1. Palai Rinuak

Palai Rinuak merupakan hidangan khas Minangkabau yang wajib Anda cicipi jika mampir ke Danau Maninjau. Palai yang berarti pepes dan rinuak yang merupakan jenis ikan-ikan kecil yang hanya ditemui di Danau Maninjau.

Bentuknya serupa dengan ikan teri medan yang sudah dikenal orang banyak.  Sajian yang satu ini terbuat dari ikan rinuak yang diberi bumbu dan parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus.

Dendeng Batokok.KOMPAS/RIZA FATHONI Dendeng Batokok.
2. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok memang tak lain merupakan sajian padang yang hadir di Kota Sawahlunto. Hidangan yang satu ini dihadirkan dengan Irisan daging tipis kering berlumur minyak kelapa menyebarkan bau harum yang siap membuat perut Anda  kenyang.

Tak ketinggalan, hidangan ini ditemani dengan nasi aneka sayur, dan sambal juga bakal membuat Anda penasaran.

Gulai gajebo disajikan di piring kecil, lengkap dengan kuahnya. Sungguh menggoda. Bagian gajih alias lemak mendominasi potongan daging yang mengambang di kuah asam padeh berwarna merah.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Gulai gajebo disajikan di piring kecil, lengkap dengan kuahnya. Sungguh menggoda. Bagian gajih alias lemak mendominasi potongan daging yang mengambang di kuah asam padeh berwarna merah.
3. Gulai Gajebo

Gulai gajebo, atau gajeboh, atau sampade daging adalah masakan khas Sumatera Barat dengan bahan utama daging sapi. Bagian yang dipakai adalah punuk, dengan lemak tebal menempel di bagian daging.

Perbandingan lemak dan daging pada gulai gajebo bisa 3:1. Semakin tipis bagian daging, rasanya semakin gurih. Potongan 'lemak berdaging' itu disajikan dengan kuah asam padeh yang sama sekali tidak menggunakan santan.

Bisa dibilang, bahan utama yang sulit didapat menjadikan gulai gajebo masuk dalam klasifikasi 'masakan langka'.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X