Kompas.com - 29/01/2018, 09:33 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Mangga memang sangat mudah ditemui di Thailand. Salah satu sajiannya yang amat terkenal hingga tren di Indonesia ialah mango dessert.

KompasTravel sempat mencobanya saat famtrip bersama Tourism Authority of Thailand (TAT) di sela ASEAN Tourism Forum (ATF) 2018 di Chiang Mai, Thailand, Sabtu (27/1/2018).

Dessert mango thai yang kita kunjungi ialah MangoTango. Menurut beberapa staf TAT, kedai inilah yang paling favorit di Thailand.

"Salah satu pelopor, dan paling terkenal di Thailand buat yang suka mangga," ujar Khun Sadudee, Assistant Director TAT Jakarta.

(Baca juga : Lima Gerai Minuman Mangga yang Mirip King Mango Thai)

Ia sendiri awalnya mengira kedai tersebut hanya ada di kota metropolitan seperti Bangkok, ternyata juga terdapat di Chiang Mai. Chiang Mai memang salah satu kota yang berkembang pariwisatanya.

Benar saja, pembeli pun sudah antre sejak pukul 09.30. Padahal kedai ini buka mulai pukul 10.00 waktu setempat.

(Baca juga : Tak Hanya Jus, Ada 9 Dessert Serba Mangga di Gerai Mango Mango)

Saat memesan menu, jangan harap Anda menemukan seperti yang populer di Indonesia. Semisal dessert mango menggunakan soft cream, dengan berlapis-lapis. Menu di sini lebih variatif, dan mencirikan Thailand.

Ragam menu di sini memang mayoritas terbuat dari mangga tetapi menggunakan ragam buah lain juga. Mangga pun tak hanya diolah menjadi jus, mulai pudding, es krim, hingga cakes. Mulai Mango Tango Sticy Rice, Mango Rumba, Mango Salsa, Mango Salad Twist, dan sebagainya. Harganya mulai 60-185 baht atau sekitar Rp 25.500 - Rp 79.550.

Mango Tango Sticky Rice di Chiang Mai, Thailand.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mango Tango Sticky Rice di Chiang Mai, Thailand.

KompasTravel mencoba menu spesial Mango Tango Sticy Rice, salah satu signature dari kedai ini. Dalam satu porsi terdapat pudding mangga, es krim mangga, nasi ketan, dan buah mangga segar.

Melahapnya memang amat menyegarkan. Namun sayangnya kini bukan waktunya musim mangga di Thailand (Mei-Juli). Sehingga buah mangga segar tidak semanis biasanya. E skrimnya tidak terlalu lembut, tapi cukup cocok dilumat bersama sticy risenya.

Satu porsi hidangan ini seharga 187 baht atau Rp 79.550, untuk kurs satu baht sama dengan Rp 430.

Saat Anda ke Chiang Mai, bisa mengunjunginya di Soi (gang) Nimmanhaemin, Nimmanhaemin Street, Chiang Mai, Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.