Selain Komodo, Ada 5 Destinasi Wisata di Sekitar Labuan Bajo

Kompas.com - 02/02/2018, 09:10 WIB
Gili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. TAMASYEAH.COMGili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Umumnya, yang pertama kali terlintas di benak travellers ketika tiba di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur adalah melihat komodo secara langsung.

Meski aktivitas tersebut merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan ketika berada di Labuan Bajo, tetapi obyek wisata di Labuan Bajo tak hanya melihat komodo saja. Setidaknya, ada 5 destinasi wisata di sekitar Labuan Bajo yang sudah menunggu untuk Anda kunjungi.

1. Gili Laba

Terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, Gili Laba menawarkan panorama alam yang sungguh menawan. Selain pantai dan bawah lautnya yang indah, highlight dari Gili Laba justru ada pada puncak bukitnya.

(Baca juga : Supaya Tidak Digigit Komodo, Simak Tips Ini!)

Dari atas bukitnya tersebut, Anda bisa menyaksikan pemandangan spektakuler berupa hamparan laut bergradasi biru muda hingga biru tua dengan barisan bukit-bukit botak khas NTT yang melatarinya.
 

Gili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.TAMASYEAH.COM Gili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Kalau berencana naik ke puncak bukit Gili Laba, sebaiknya Anda datang pukul 3 sore karena matahari masih terang sehingga gradasi warna laut masih terlihat tapi panasnya tidak terlalu menyengat.

Habiskan waktu sedikit lebih lama maka Anda akan mendapatkan bonus berupa sunset yang cantik! Jangan lupa untuk siapkan fisik dan mental sebelum ke sini karena Anda dibutuhkan tenaga cukup besar untuk mendaki bukit ini.

2. Goa Batu Cermin
 
Berwisata ke goa menjadi salah satu aktvitas menarik yang bisa dilakukan di Labuan Bajo. Meski tak sepenuhnya asli karena telah ada campur tangan manusia, tetapi Goa Batu Cermin masih menjadi destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi.

Dinding-dinding batu alam di Goa Watu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/10/2017).KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Dinding-dinding batu alam di Goa Watu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/10/2017).
Goa Batu Cermin menyajikan fosil-fosil hewan laut yang secara alami terdapat di dinding goa dan menjadi bukti kalau dulunya goa ini berada di dasar laut.

(Baca juga : Tips Berwisata ke Goa Batu Cermin di Labuan Bajo)

Lantas, mengapa goa ini dinamakan Goa Batu Cermin? Alasannya adalah bahwa pada salah satu sudut di dalam goa ini terdapat lubang di bagian atapnya yang menjadi jalan masuk matahari.

Saat siang matahari masuk, batu-batu di dalam goa akan saling memantulkan cahaya matahari seperti sebuah cermin. Hal inilah yang membuat goa ini dinamakan Goa Batu Cermin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X