Anda Suka Jalan-jalan? 9 Tempat Ini Wajib Dikunjungi di Pattaya

Kompas.com - 03/02/2018, 09:16 WIB
Kaan Show di Pattaya, Thailand. Pertama kalinya di Thailand ada pertunjukan panggung dan teknologi kelas dunia yang terinspirasi oleh sastra Thailand klasik. NOVA DIENKaan Show di Pattaya, Thailand. Pertama kalinya di Thailand ada pertunjukan panggung dan teknologi kelas dunia yang terinspirasi oleh sastra Thailand klasik.
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Pattaya adalah salah satu kota resor pantai terbesar di Asia dan kota kedua yang paling banyak dikunjungi di Thailand, setelah Bangkok. Kota Pattaya terbagi menjadi tiga area utama, yaitu Naklua, Pantai Pattaya dan Jomtien.

Perkembangan kota ini sangat pesat, terlebih di daerah Jomtien-Sattahip yang penuh dengan atraksi wisata yang tersebar di kanan-kiri Jalan Sukhumvit-Moo, Na Jomtien.

Sejak setahun lebih saya tinggal di Pattaya, Provinsi Chonburi-Thailand, cukup banyak teman dari Indonesia datang berkunjung. Kebanyakan dari mereka yang sudah sering ke Bangkok, dan kali ini memilih Pattaya sebagai destinasi berikutnya di Thailand.

(Baca juga : Pelesiran ke Bangkok dan Pattaya Mulai Rp 2,5 Jutaan, Mau?)

Pertanyaan umum dari mereka adalah ada apa di Pattaya? Ke mana? Apa saja yang dilakukan? Tempat mana saja yang perlu didatangi?

Bandara Utapao di Pattaya, Thailand.NOVA DIEN Bandara Utapao di Pattaya, Thailand.
Selain itu, apa saja yang baru selain Walking Street dan Tifanny Show di kota yang ingin mengubah kesan dari 'party-city' menjadi 'family destination city' ini. Sebagai ‘farang’ (atau bule) yang jadi ‘orang lokal’ di sini, saya ingin berbagi informasi mengenai Pattaya.

Bagaimana cara ke Pattaya?

Dari Jakarta, Pattaya bisa dicapai dengan pesawat AirAsia (via Kuala Lumpur) ke Bandara Utapo (Pattaya-UTP). Tiket pesawat dari Jakarta ke Pattaya berkisar Rp 1.400.000 - 2.200.000 pulang-pergi. Sekitar 40 menit dari bandara ke pusat kota dengan taksi (890 Baht) atau shared-van (250 Baht per orang). Paling gampang, dijemput teman, seperti saya.

(Baca juga : 2 Kuliner Mi Halal yang Harus Dicoba di Chiang Mai Thailand)

Jika mendarat di Bandara Don Mueang (DMK), cara paling mudah dan termurah adalah dengan menggunakan free-shuttle ke Bandara Suvarnabhumi.

Dengan modal boarding pass Anda bisa mendapatkan layanan transfer gratis antar-dua bandara ini. Lokasi transpor gratis ini berada di ground floor gedung terminal DMK.

Makanan yang dijual di Thepprasit Night Market, Pattaya. Ada banyak pilihan makanan khas Thailand dari sushi hinggga mango sticky rice dan smoothie segar. NOVA DIEN Makanan yang dijual di Thepprasit Night Market, Pattaya. Ada banyak pilihan makanan khas Thailand dari sushi hinggga mango sticky rice dan smoothie segar.
Tiba di Bandara Suvarnabhumi, turun ke lantai 1 paling ujung kiri, di situ ada booth bus tujuan Pattaya. Lama perjalanan bus sekitar 1 jam 45 menit, dengan membayar tiket sebesar 120 Baht per orang. Pilihan lainnya adalah dengan taksi seharga 1.500 Baht per mobil.

Tinggal di Mana di Pattaya?

Sebaiknya, pilih lokasi di pusat kota Pattaya agar dekat kemana-mana. Pilihan hotel juga banyak dan beragam. Layaknya di Kuta, Bali di pusat kota Pattaya-Klang juga banyak resor berbintang atau hotel dan hostel. Jika sewa mobil, saya sarankan pilih lokasi di sepanjang jalan Moo - Na Jomtien, Sattahip.

(Baca juga : Liburan ke Chiang Mai Thailand, Mampirlah ke Kuil Tua Sejak Tahun 1345)

Daerah ini dikenal dengan resor pinggir pantai seperti Mövenpick Siam, Sea Sand Sun, U Pattaya, Dor Sahda, Renaissance dan Ocean Marina Yacht Club.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X