Kompas.com - 06/02/2018, 21:00 WIB
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Turis Indonesia kini bisa lebih mudah liburan ke Uzbekistan. Pemerintah Uzbekistan ini baru saja memberlakukan bebas visa bagi turis Indonesia.

Dikutip dari situs UzDaily.com, turis Indonesia bisa berkunjung ke Uzbekistan dengan bebas visa selama 30 hari. Dengan waktu tersebut lebih dari cukup untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata eksotik di sana.

Selain Indonesia, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev juga memberikan bebas visa pada enam negara lainya, yaitu Republik Korea, Malaysia, Singapura, Turki, Jepang dan Israel.

Keputusan tersebut ditandatangani Shavkat Mirziyoyev untuk pengembangan pariwisata Republik Uzbekistan, pada Kamis (1/2/2018). Keputusan tersebut mengenai bebas visa untuk tujuh negara tersebut, berlaku mulai 10 Februari 2018.

Dalam dokumen tersebut juga menggaris bawahi, bagi kru pesawat yang melakukan penerbangan reguler ke Uzbekistan, berhak mendapatkan bebas visa.

Tak hanya itu, di waktu yang sama Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev telah memperkenalkan prosedur baru yang lebih sederhana untuk pengajuan visa ke Uzbekistan.

Bandara Internasional Tashkent (Tashkent, Uzbekistan)Dok. Uzbekistan Airways Bandara Internasional Tashkent (Tashkent, Uzbekistan)
Prosedur tersebut saat ini khusus untuk 39 negara lainnya. Negara-negara tersebut mencakup negara-negara Uni Eropa, Asia Timur dan Timur Tengah, serta India, Kanada, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Warga negara tersebut, sekarang tidak perlu mengirimkan vocer wisata atau surat undangan baik dari dari badan hukum atau individu untuk menerima visa.

Kantor konsuler Uzbekistan akan mengeluarkan visa untuk warga negara-negara tersebut dalam dua hari kerja, tidak terhitung hari penerimaan dokumen.

Sementara teknologi baru pengajuan visa elektronik akan mulai dioperasikan pertengahan tahun, tepatnya Juli 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.