BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Get Craft

4 Jam Terbang Langsung ke Perth, Selamat Tinggal Jakarta!

Kompas.com - 07/02/2018, 09:00 WIB
Dian Maharani,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

PERTH, KOMPAS.com – Pagi itu, Minggu (4/2/2018) Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan. Jalan raya masih sepi dari kendaraan bermotor karena hari libur.

Saya bergegas menuju Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk naik Garuda Indonesia tujuan Perth, Australia Barat dengan penerbangan siang pukul 10.55. Berkat sepinya jalanan hari itu, sekitar pukul 08.00 saya sudah tiba di Terminal 3.

Masih banyak waktu sampai boarding, saya dan rombongan pun akhirnya menunggu di Garuda Indonesia lounge. Banyak hal yang bisa dilakukan di lounge selain duduk-duduk sambil minum kopi dan ngemil yang sudah disediakan.

(Baca juga : Liburan ke Perth Tanpa Cuti? Berikut Tipsnya?)

Bisa charge ponsel karena stop kontak maupun USB port hampir ada di setiap sudut dekat tempat duduk. Beberapa teman lainnya memilih untuk foto-foto karena memang ada beberapa spot yang instagramable.

Kalau bosan dan masih banyak waktu, bahkan bisa nonton film di mini theatre. Sayangnya, saat itu kami harus segera masuk ke pesawat.

Mini Theatre di Garuda Indonesia Lounge.KOMPAS.COM/DIAN MAHARANI Mini Theatre di Garuda Indonesia Lounge.
Tepat pukul 11.00 WIB, pesawat pun take off. Saya memanfaatkan waktu selama penerbangan dengan menonton film karena tidak bisa tidur. Dua film sekaligus saya tonton sampai habis, diselingi makan siang dengan menu nasi dan daging.

Setelah maraton nonton dua film, tak terasa waktu di jam tangan menunjukkan pukul 15.00 (16.00 waktu di Perth) dan pesawat sudah landing di negeri kangguru itu. Berarti, penerbangan ke Perth ini hanya memakan waktu sekitar 4 jam.

"Kayak lagi enggak ke luar negeri. Udah sampai aja," kata salah satu teman saya, Iqbal.

Baca juga : Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Jakarta-London

Waktu tempuh yang lebih cepat ini karena kami naik penerbangan langsung atau tanpa transit terlebih dahulu.

Saat ini, ada 4 kali penerbangan langsung Garuda Indonesia ke Perth dalam satu minggu. Bulan Mei mendatang, rencananya Garuda Indonesia bakal menambah jadwal penerbangan langsung.

Bandara di Perth, Australia Barat, Minggu (4/2/2018). Cuaca Perth hari itu sangat cerah.KOMPAS.COM/DIAN MAHARANI Bandara di Perth, Australia Barat, Minggu (4/2/2018). Cuaca Perth hari itu sangat cerah.
Tiba di Perth, panas terik dengan birunya langit menyapa kami. Kondisi itu bertolak belakang dengan cuaca di Jakarta akhir-akhir ini.

Bulan Februari ini, Perth memang masih musim panas. Namun, bagi sebagian orang, angin yang berhembus tetap dingin. 

Dari bandara, kami bertujuh kemudian melanjutkan perjalanan ke pusat kota, tepatnya di Hay Street, sekitar 40 menit.

Perth sore itu sedang ramai karena ada Perth Festival hingga Fringe World Festival. Banyak muda-mudi hingga orangtua hilir mudik dengan berjalan kaki.

Rasanya tak sabar untuk menjelajahi Perth yang sedang cerah.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com