Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Berlibur di Indonesia, Turis Mana yang Paling Banyak Keluar Uang?

Kompas.com - 11/02/2018, 22:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun lalu memang tercatat turis asing dari Tiongkok yang paling banyak datang ke Indonesia. Namun ternyata bukan mereka yang paling banyak mengeluarkan uang per individunya.

Dari data Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI,  yang paling banyak mengeluarkan uang saat mengunjungi Indonesia justru dari Timur Tengah.

Mengutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata, yang diterima KompasTravel, Jumat (9/2/2018), pasar Timur Tengah (Timteng) dari sisi pengeluaran per turis asing tercatat tertinggi di antara pengeluaran turis asing dari 14 pasar utama lainnya.

(Baca juga : Ini Komentar Turis Asing tentang Kopi dan Jamu Indonesia...)

Pengeluaran turis asing Timteng perorangnya mencapai 1.918 dollar Amerika Serikat per kunjungan. Jumlah ini mengalahkan wisatawan dari Eropa sebesar 1.538 dollar Amerika Serikat per turis asing per kunjungan. Juga wisatawan dari Tiongkok yang mengeluarkan 1.019 dollar Amerika Serikat tiap turis asingnya per kunjungan.

Jika diurutkan berarti tiga besar turis asing yang mengeluarkan uang paling banyak saat berwisata ke Indonesia ialah Timur Tengah, Eropa, lalu Tiongkok.

Namun demikian, bila dihitung dari sisi spread (spending) total pendapatan devisa dari wisatawan Timteng hanya sebesar 402 juta dollar Amerika Serikat. Hal ini karena jumlah kunjungan turis asing dari Timur Tengah ke Indonesia relatif masih kecil pada periode Januari-November 2017 hanya 209.963 turis asing.

Sementara jumlah kunjungan dari turis asing dari Tiongkok dalam periode yang sama mencapai 1,9 juta turis asing, sedangkan Eropa 1,7 juta turis asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com